BLA Jakarta Lakukan Survei Indeks KUB 2022 di Tiga Provinsi di Indonesia

5 Jun 2022
BLA Jakarta Lakukan Survei Indeks KUB 2022 di Tiga Provinsi di Indonesia

Jakarta (Balitbang Diklat)---Akhir Mei 2022 lalu, Balai Litbang Agama Jakarta (BLA Jakarta) selesai melakukan kegiatan Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) 2022 di tiga provinsi yakni Sumatera Selatan, Lampung, dan Banten. Pelaksanaan Survei Nasional Indeks KUB 2022 ini dilaksanakan di beberapa kecamatan yang sudah dipilih secara acak oleh tim KUB dan melibatkan 1.200 responden.

Masing-masing provinsi dipilih empat kabupaten dan kota. Provinsi Banten ( Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon), Provinsi Lampung (Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Tanggamus,  Kota Bandar Lampung, Kota Metro), Sumatera Selatan (Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Musi Banyuasin, Kota Lubuklinggau, Kota Palembang).

Menurut Plt. Kepala BLA Jakarta  Hery Susanto, survei indeks kerukunan umat beragama merupakan program nasional yang digelar setiap tahun oleh Kementerian Agama melalui Badan Litbang Kemenag RI. Balai Litbang Agama Jakarta sebagai lembaga di bawah Badan Litbang ikut terlibat dalam survei ini.

“Ada empat poin menjadi sasaran utama dalam mencari indeks kerukunan umat beragama, yakni toleransi, kesetaraan, kerja sama antar umat beragama, dan moderasi beragama. Semuanya mengarah pada satu tujuan terkait pengetahuan tentang kerukunan umat beragama di masyarakat. Khususnya  yang ada di desa atau kelurahan lokasi di survei,” ujar Hery Susanto.

Hery juga berharap hasil survei indek KUB 2022 yang dilakukan BLA Jakarta nantinya  bisa membawa kebaikan dan menjadi tolok ukur masyarakat terkait pengetahuan akan pentingnya nilai-nilai kerukunan umat beragama di lapisan sosial bermasyarakat.

Tak lupa Plt. Kepala BLA Jakarta mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung dan membantu survei indeks KUB 2022 sehingga kegiatan ini bisa berjalan lancar.

“Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada Kepala Kanwil Kemenag di Sumatera Selatan, Lampung, dan Banten. Kepala Kantor Kemenag Kota dan Kabupaten dimana menjadi lokasi survei KUB, juga Kesbangpol dan Forum Kerukunan Umat Beragama,” ungkapnya.

Hery juga ucapkan terima  kasih dan apresiasi setinggi-tingginya pada  tim survei KUB 2022  BLA Jakarta dan enumerator yang telah bekerja keras di lapangan dan  berhasil menyelesaikan tugas dengan baik sebelum waktunya serta menyerahkan data survei dari masing-masing respondennya.[]

Aris W Nuraharjo/diad

Penulis: Aris W Nuraharjo
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI