Ketua Forum Kakanwil: Balitbang Diklat Raih Prestasi Membanggakan

6 Feb 2023
Ketua Forum Kakanwil: Balitbang Diklat Raih Prestasi Membanggakan
Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan, Dr. H. Muhammad Tambrin M.M.Pd, Rakernas Kemenag di Hotel Platinum Tunjungan Surabaya, Jawa Timur, Ahad (05/02/2023).

Surabaya (Balitbang Diklat)---Ketua Forum Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Muhammad Tambrin, di sela kegiatannya mengikuti Rakernas Kemenag tahun 2023, mengapresiasi prestasi Balitbang Diklat Kemenag yang memperoleh peringkat pertama Nilai Kinerja Anggaran Tahun 2022 dengan nilai 97.41.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan ini mengatakan hal tersebut merupakan prestasi membanggakan yang berhasil ditorehkan Balitbang Diklat. “Ini menjadi contoh bagi satker-satker pusat dan satker Kemenag lainnya,” katanya di Surabaya, Minggu (05/01/2023).

Saat ditanya tentang transformasi Balitbang Diklat menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan SDM, Tambrin mengatakan bahwa transformasi tersebut sebagai upaya menjawab urgensi kepada pelayanan yang lebih proporsional dan professional.

Menurut Tambrin, transformasi ini menekankan pada program moderasi beragama yang menjadi program jangka panjang. “Perubahan ini menjadi upaya untuk menjawab segala bentuk keberagamaan, baik agama, suku, budaya, dan bahasa. Tentunya ini menjadi sebuah amanah yang besar,” katanya.

Adapun Pengembangan SDM, lanjut Tambrin, mengarah kepada 230.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag yang perlu mendapatkan peningkatan dan pembinaan kompetensi agar siap melayani masyarakat.

Menyinggung soal outlook Kemenag, Tambrin berharap dapat menjadi referensi yang baik untuk dasar kebijakan Kemenag. “Menghadapi tahun politik, Kemenag punya program Tahun Toleransi dan Tahun Kerukunan. Hasil outlook yang disusun Balitbang Diklat diharapkan dapat menjadi acuan dan refrensi sebagai dasar kebijakan program Kemenag,” tandasnya.

Barjah/diad

Penulis: Barjah
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI