Loka Diklat Keagamaan Pekanbaru Menaja Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama di Bengkalis

7 Sep 2022
Loka Diklat Keagamaan Pekanbaru Menaja Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama di Bengkalis

Pekanbaru (Balitbang Diklat)---Loka Diklat Keagamaan (LDK) Pekanbaru menggelar Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Angkatan II di wilayah kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis pada 5 s.d. 10 September  2022. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Kemenag Kabupaten Bengkalis, diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari Jabatan Guru (Kepala Madrasah) MI, MTs dan MA, Penghulu (Kepala KUA) dan Penyuluh Agama di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Bengkalis.

Petugas Tata Usaha LDK Pekanbaru sekaligus ketua panitia Andriandi Daulay mengatakan untuk pelatihan ini LDK Pekanbaru secara khusus menghadirkan narasumber dari Balitbang Diklat Kemenag RI. Selain itu, narasumber pelatihan ini juga akan diisi oleh Kepala LDK Pekanbaru, Widyaiswara dari BDK Padang, Kepala Kanwil Kemenag Riau dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bengkalis. 

“Dalam pelatihan ini, peserta akan menerima materi sebanyak 52 jam pelajaran. Mudah-mudahan materi yang disampaikan oleh narasumber dapat diterima dengan baik oleh peserta sehingga pelatihan ini dapat memberikan manfaat dalam penguatan moderasi beragama,” ujar Andriandi.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bengkalis, Khaidir. Dalam sambutannya, Khaidir menegaskan bahwa Kementerian Agama merupakan garda terdepan dalam penguatan moderasi beragama di tanah air.

“Kemenag sebagai pelopor moderasi beragama harus dapat memberi contoh sikap moderat dalam beragama melalui kader-kader penggerak, terutama ASN Kemenag itu sendiri,” tegasnya.

“Kegiatan ini besar manfaatnya bagi kita. Kami harap seluruh peserta dapat mengikuti secara cermat dan  cerdas,” ungkap Khaidir.

Menurut Khaidir, hal ini dipandang penting sebab manusia sebagai makluk beragama yang saling berinteraksi dengan beragam perbedaan. Ia berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai ikhtiar menciptakan harmonisasi kerukunan antar umat beragama khususnya di Kabupaten Bengkalis.

Turut hadir mendampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis dalam acara pembukaan, Kasubbag Tata Usaha Zulkarnaen serta Kepala Seksi dan Penyelenggara di Kemenag Bengkalis. []

Andriandi/diad

Penulis: Andriandi Daulay
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI