Pelatihan Teknis Penilaian Kinerja PNS: Tanggung Jawab Pusdiklat Meningkatkan Kompetensi PNS

13 Jul 2022
Pelatihan Teknis Penilaian Kinerja PNS: Tanggung Jawab Pusdiklat Meningkatkan Kompetensi PNS

Bengkulu (Balitbang Diklat)---Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu menyelenggarakan Pelatihan Teknis Penilaian Kinerja PNS.

Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Syafi'i pada awal sambutannya mengatakan bahwa  kegiatan ini adalah bagian dari tangung jawab Pusdiklat untuk meningkatkan kompetensi PNS.

"Seorang PNS harus bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya di Aula Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Jalan Basuki Rahmat, Selasa (12/7/2022).

Menurut Syaf’i kegiatan ini juga sejalan dengan visi dan misi Kemenag serta lima budaya kerja Kemenag yakni integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan.

“Integritas  yakni saat seorang PNS dituntut menyelaraskan antara hati, pikiran, perkataan dan perbuatan yang baik dan benar. Begitu pula dengan profesionalitas, yakni ketika kita dituntut bekerja secara disiplin, kompeten dan tepat waktu dengan hasil terbaik,’’ tuturnya. 

Inovasi dan tanggung jawab, lanjut Kapus, ditunjukkan pada saat PNS harus bekerja secara tuntas dan konsekuen. “Jika semua tercapai, akhirnya kita akan memperoleh seorang PNS yang teladan, memberikan contoh yang baik bagi orang lain dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,’’ ungkap Kapus Syafi’i.

Saat ini aparatur dituntut untuk memberikan pelayanan transformasi digital. Peningkatan kualitas pelayanan publik pada era transformasi digital membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, khususnya aparatur Kemenag. “Harapannya tentu saja agar pelayanan publik dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran,’’ tegas Kapus.

Pelatihan berlangsung pada 12 s.d. 16 Juli 2022, diikuti oleh 40 PNS dari Kanwil dan perwakilan satuan kerja Kemenag se-Provinsi Bengkulu.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Zahdi Taher mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Pusdiklat Tenaga Administrasi yang telah bekerja sama dengan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, sehingga Bengkulu kembali terpilih untuk menyelenggarakan Pelatihan Teknis Penilaian Kinerja PNS.

"Mudah-mudahan Bengkulu kembali menjadi sasaran untuk menggelar pelatihan. Apalagi kegiatan ini sangat penting dalam rangka meningkatkan kompetensi PNS di jajaran Kanwil Kemenag, khususnya di bidang kinerja PNS (SKP)," kata Kakanwil

Zahdi Taher mengharapkan kerja sama ini terus terjalin baik dalam bentuk pelatihan maupun kegiatan lain. Apalagi aparatur Kemenag di Bengkulu memang terus dituntut berinovasi dalam mengembangkan kompetensinya terutama dalam bidang kinerja PNS (SKP).

"Ikuti pelatihan ini dengan serius, jangan hanya sebatas rencana, tetapi bagaimana dapat menyelesaikan laporan SKP sampai selesai dan tuntas," tutup KaKanwil Zahdi.

Hadir dalam kesempatan ini, Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Hamdani,  Kabag TU Pusdiklat Tenaga Administrasi Nilam Nur Azizah, pejabat eselon III dan Pembimas serta Subkoordinator di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu.[]

RS/diad

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI