Peserta ICROM 2022 Serbu Stan Pameran Perpustakaan Balitbang Diklat

27 Jul 2022
Peserta ICROM 2022 Serbu Stan Pameran Perpustakaan Balitbang Diklat
Penyelenggaraan Konferensi Internasional Pertama tentang Moderasi Beragama atau International Conference Religious Moderation (ICROM) 2022 di Hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta.

Jakarta (Balitbang Diklat)---Penyelenggaraan Konferensi Internasional Pertama tentang Moderasi Beragama atau International Conference Religious Moderation (ICROM) 2022 di Hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta, dimeriahkan oleh pameran buku. Di sela gelaran itu, para peserta langsung menyerbu stan pameran buku.

Salah satu stan pameran yang banyak diserbu peserta adalah Stan Perpustakaan Balitbang Diklat Kemenag. Selain itu, ada stan dari Subdit Kepustakaan Islam Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Ditjen Bimas Islam, dan stan el-Bukhori Institute.

Salah satu pemandu pameran Perpustakaan Balitbang Diklat, Eka Wahyuning, mengatakan perpustakaan membawa puluhan buku karya para peneliti di lingkungan Balitbang Diklat.

“Alhamdulillah buku-buku kita laris manis. Hampir semua peserta dan pengunjung mampir ke sini. Masing-masing dari mereka ambil jatah maksimal, yaitu tiga buku,” kata Eka, sapaan akrabnya, Rabu (27/7/2022).

Pantauan Balitbang Diklat di lokasi, sejumlah pejabat singgah ke Stan Perpustakaan Balitbang Diklat. Antara lain Sekretaris Ditjen Bimas Islam M Fuad Nassar, Analis Kebijakan Ahli Madya pada Subdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Direktorat PTKI DitjenPendis Suwendi.

Tampak para peserta konferensi antusias mengantre untuk mendapatkan buku. Salah satunya adalah Hanifa Paramitha Siswanti. Ifa, sapaan akrabnya, mengaku senang sekali melihat pameran buku.

“Senang karena dapat buku gratis,” ujar Mahasiswi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran ini seraya tersenyum.

Peserta lain, Eka Sugeng Ariadi, sangat antusias saat mengetahui Perpustakaan Balitbang Diklat turut ambil bagian dalam pameran tersebut. Dalam kesempatan tersebut, ia mengapreasiasi salah satu program Perpustakaan Kemenag, yaitu Bibliobattle.

“Alhamdulillah tahun kemarin salah satu murid saya lolos dan menang pada Bibliobattle itu. Sekarang juga ada masuk,” ungkap Kepala MTsN 6 Pasuruan, Jawa Timur ini.

Kemeriahan stan pameran Perpustakaan Kemenag semakin terasa ketika tim pemandu memberikan suvenir menarik kepada pengunjung dengan mengikuti games dan unggah photobooth.

Pantauan Balitbang Diklat di ruang konferensi, empat narasumber utama berbicara pada sesi pertama, yakni Lukman Hakim Saifuddin (Penggagas Moderasi Beragama, Menag RI 2014-2019), Alissa Wahid (Tim Ahli Pokja Moderasi Beragama Kemenag), Shalahuddin Kafrawi (Dosen Studi Agama Hobart & William Smith College, AS), dan James B. Hoesterey (Dosen Studi Agama Emory University, AS).

Sementara sesi kedua, yaitu Iim Halimatusa’diyah (Peneliti PPIM UIN Jakarta), Ismail Fahmi (CEO Drone Emprit Indonesia), Savic Ali (Founder dan Editor Islami.co) dan Unaesah Rahmah, (Peneliti RSIS Nanyang Technology University, Singapura).

Gelaran ICROM 2022 yang diinisiasi Direktorat Urais dan Binsyar Ditjen Bimas Islam ini juga diisi peluncuran Buku Moderasi Beragama Perspektif Bimas Islam. Acara yang diagendakan selama tiga hari, Selasa-Kamis, 26-28 Juli 2022 ini mengusung tema Moderasi Beragama di Ruang Digital. []

Ova/diad

Penulis: Mustofa Asrori
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI