Sekretariat Balitbang Diklat Pamerkan Layanannya di Ekspos Produk Akademik

16 Agt 2022
Sekretariat Balitbang Diklat Pamerkan Layanannya di Ekspos Produk Akademik

Bandung (Balitbang Diklat)---Mengusung tema “Moderasi Beragama untuk Menjaga Harmoni Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”, Balai Litbang Agama (BLA) Jakarta kembali menggelar Seminar dan Ekspos Produk Akademik di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 15 s.d. 16 Agustus 2022.

Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Anwar Musadad, dibuka oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati Prof. Mahmud. Dalam sambutannya Kepala BLA Jakarta Dr. Samidi menyampaikan kepada para peserta untuk memanfaatkan momen ini untuk menambah wawasan dan literasi terkait moderasi beragama.

“Silakan kepada Bapak, Ibu Dosen, adik-adik, dan teman-teman mahasiswa untuk memanfaatkan acara ini sebaik-baiknya. Dan juga kita menyediakan buku-buku dan jurnal gratis yang ada di stan-stan pameran,” ujarnya.

Pada pameran kali ini, stan-stan yang ada bukan hanya dari unit kerja Badan Litbang dan Diklat Kemenag, tetapi juga mengundang unit eselon I lainnya untuk berpartisipasi. Bimas Islam, Bimas Kristen, dan Pusat Bimbingan Agama Khonghucu. Selain itu para pengisi stan pameran diisi juga oleh BLA Jakarta, Sekretariat Badan Litbang dan Diklat, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, dan UIN Sunan Gunung Djati.

Selain memperkenalkan buku dan jurnal terbitan Badan Litbang dan Diklat, Stan Sekretariat Badan Litbang dan Diklat yang diisi oleh Tim Diseminasi dan juga Perpustakaan juga mempromosikan layanan-layanan yang ada di Sekretariat Badan Litbang dan Diklat. Layanan seperti penerbitan buku pada Litbang Diklat Press dan Jurnal Dialog merupakan salah satu layanan yang gencar diperkenalkan kepada para pengunjung stan.

“Ayo Bapak, Ibu, adik-adik yang punya tulisan ilmiah bisa diterbitkan di penerbit Litbang Diklat Press serta Jurnal Dialog,” ujar Sri Hendriyani di tengah kerumunan pengunjung stan. Bukan hanya layanan penerbitan karya tulis, para pemandu stan juga mempromosikan layanan informasi digital yang dimiliki oleh Sekretariat Badan Litbang dan Diklat.

Layanan informasi yang disosialisasikan kepada para pengunjung yaitu Simlitbangdiklat dan juga e-Perpus. Simlitbangdiklat adalah sebuah portal yang berisi informasi terkait penelitian dan kediklatan yang dilaksanakan oleh Badan Litbang dan Diklat. Salah satu yang tersedia di sana yaitu buku-buku digital yang diterbitkan oleh Litbang Diklat Press. Sedangkan e-Perpus adalah katalog online yang mengintegrasikan seluruh perpustakaan di bawah lingkungan Badan Litbang dan Diklat.

Nur Rochmah salah satu pustakawan yang menjadi pemandu pameran menjelaskan juga layanan-layanan lain yang dimiliki oleh Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat. Salah satu layanan yang disosialisasikan yaitu layanan Penelusuran Referensi Digital (PRD). Layanan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang memiliki kesulitan dalam mencari bahan referensi. “Semua layanan digital perpustakaan bisa diakses melalui alamat linktr.ee/perpuskemenagri, atau scan QR code yang ada di meja,” ujar Nur kepada para pengunjung. []

Luki/diad

Penulis: Luki
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI