Sesban Muharam Dukung dan Apresiasi Grand Final Bibliobattle 2022

15 Sep 2022
Sesban Muharam Dukung dan Apresiasi Grand Final Bibliobattle 2022

Jakarta (Balitbang DIklat)---Sekretaris Badan (Sesban) Litbang dan Diklat Kemenag, Muharam Marzuki, mendukung dan mengapresiasi penyelenggaraan Grand Final Bibliobattle 2022 Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat. Dukungan dan apresiasi itu disampaikannya melalui zoom meeting.

“Saya sampaikan selamat kepada lima presenter terpilih, yang akan menyampaikan review buku pada pagi hari ini. Mudah-mudahan paparan dari lima ini bisa menambah penguatan bagi yang bersangkutan dan juga bagi kita semua untuk menggali pengalaman,” kata Sesban Muharam.

Sesban berharap, materi yang telah dipersiapkan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi penguatan kita dalam memperkuat masalah keilmuan maupun dalam rangka menambah referensi pengalaman kita dalam melakukan satu aktivitas akademik.

“Bibliobattle ini sangat bagus karena memang untuk mengasah kita bagaimana materi yang kita persiapkan itu bisa diterima dengan baik oleh audience. Paling tidak kita, akan menemukan dan menyajikan sesuatu yang terbaik kepada masyarakat banyak,” tuturnya.

Atas nama pimpinan Balitbang Diklat Kemenag, Sesban menyampaikan terima kasih kepada lima kontestan yang bisa berpartisipasi dan mengikuti acara ini secara daring. “Walaupun daring, tetap memberikan makna yang berharga bagi kami juga selaku penyelenggara melalui Bu Hariyah sebagai Sub Koordinator Perpustakaan di Sekretariat Balitbang Diklat Kemenag,” tandas Sesban.

Sesban juga berpesan bagi peserta yang mengikuti program ini diberikan semacam penghargaan termasuk juga sertifikat. “Karena ini sebagai salah event yang bermakna secara akademik. Sekali lagi terima kasih dan sukses selalu untuk teman semua,” ujarnya.

Lima presenter

Sebelumnya, Hariyah selaku Sub Koordinator Perpustakaan dan moderator Grand Final Bibliobattle menyapa para peserta via zoom meeting. Ia berharap kelima presenter dalam keadaan baik dan lancar dalam menyampaikan paparan.

“Semoga mendapatkan dukungan banyak. Saya ingin menyapa dulu kepada para audience, terima kasih sudah mau bergabung di acara Grand Final Bibliobattle 2022 Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat. Ini kami selenggarakan dalam rangka menyemarakkan September sebagai bulan gemar membaca,” ungkapnya.

Hariyah mengatakan, khusus 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan. “Jadi, semoga kita termasuk orang-orang yang bisa memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang ada, baik mulai dari perpustakaan sekolah di tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi, perpustakaan umum, dan perpustakaan khusus,” kata Hariyah.

Ia menambahkan, Perpustakaan Balitbang Diklat Kemenag sebagai perpustakaan khusus mencoba memberikan kebermanfaatan yang luas kepada masyarakat dan juga perpustakaan perguruan tinggi. Salah satunya melalui Bibliobattle.

“Sebelum kita mulai acara ini, saya mau menyampaikan kembali sedikit aturan mainnya. Jadi, nanti kita akan menjadwal secara urut mulai dari presenter pertama sampai presenter yang kelima,” terangnya.

Adapun 5 presenter yang dijadwalkan tampil adalah, sebagai berikut: Pertama, Eri Susilawati (Staf administrasi di UIN Walisongo Semarang) yang memaparkan buku Fiqih Perempuan: Refleksi Kiai atas Tafsir Wacana Agama dan Gender karya KH Husein Muhammad.

Kedua, Tasman Ramadhan (Guru MAN 2 Kota Parepare, Sulawesi Selatan) yang memaparkan buku berjudul Tuhan Maha Asyik 2.

Ketiga, Karisma Yustikasari (Pustakawan Universitas Kristen Satya Wacana) yang memaparkan buku berjudul Perempuan Kok Naik ke Atap? Sebuah buku berisi 40 kisah tentang upaya menggapai kesetaraan dan keadilan gender dari perspektif Kristen.

Keempat, Intan Rahmawati (Mahasiswi IAIN Sultan Amai Gorontalo) yang memaparkan buku berjudul Seni Kepemimpinan para Nabi. Kelima, Andiya Putri Rahmadaniyah (Siswi MTsN 1 Labuhan Batu, Sumatra Utara) yang memaparkan buku berjudul Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi.

Sebelum paparan dimulai, Hariyah mengingatkan kembali audiens untuk memberi dukungan kepada lima presenter. “Ayo kita share lagi link-nya ke teman-teman untuk menggalang dukungan kepada jagoan kalian masing-masing,” ujarnya.

“Sebelum kita masuk ke presenter pertama, saya mau kasih pantun sedikit buat penyemangat: Di buah apel ada serangga, ini Bibliobattle bikin bahagia,” tutur Hariyah seraya tertawa.[]

Ova/diad

Penulis: Mustofa Asrori
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI