Telah Hadir, Aplikasi Qur’an Kemenag Versi iOS

3 Agt 2022
Telah Hadir, Aplikasi Qur’an Kemenag Versi iOS

Jakarta (Balitbang Diklat)---Kementerian Agama c.q. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) hadirkan aplikasi Al-Qur’an Kemenag Versi IOS atau iPhone Operating System. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh H. Abdul Aziz Sidqi, MA mewakili kepala LPMQ sebagai penanggung jawab pengembangan aplikasi.

“Terhitung sejak tanggal 30 Juli 2022, Al-Qur’an Kemenag versi iOS sudah bisa diunduh di perangkat genggam (mobile device) yang dikembangkan Aplle. Layanan aplikasi Al-Qur’an ini dikembangkan atas arahan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di awal tahun 2022,” kata Aziz dalam sambutannya di kegiatan fullday Pengembangan Aplikasi Jendela Al-Qur’an, Selasa (03/08) di Jakarta Timur.

Aplikasi Qur’an Kemenag versi iOS menjadi layanan aplikasi Qur’an ketiga yang dikembangkan LPMQ, setelah sebelumnya pada tahun 2016 LPMQ telah meluncurkan Qur’an Kemenag versi Android dan layanan Al-Qur’an berbasis website dengan alamat www.quran.kemenag.go.id.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Data dan Informasi (HDI) Kemenag H. Akhmad Fauzin, M.Si yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, aplikasi Qur’an yang dikembangkan LPMQ merupakan wujud nyata realisasi transformasi digital yang menjadi salah satu program strategis Kementerian Agama.

“ini adalah terobosan yang harus diapresiasi dan diikuti. Produk layanan ini menjadi salah satu bagian dari realisasi transformasi digital yang menjadi program strategis Kemenag. Semoga bisa dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat Indonesia dan dunia,” Ujar Akhmad Fauzin dalam sambutannya.

Selanjutnya, Fauzin berpesan agar semua aplikasi dengan konten-konten positif seperti yang telah dikembangkan LPMQ harus terus dikembangkan. Selain itu harus dimaintenance dan dijaga keamanannya secara optimal.

“kita harus care dengan perkembangan teknologi. Perkembangannya sangat cepat. Seperti deret ukur, bukan deret hitung. Aplikasi dengan muatan positif seperti ini harus diperbanyak. Jangan sampai yang mendominasi adalah aplikasi dengan konten-konten negatif.” Jelasnya.

Seperti aplikasi Qur’an Kemenag pendahulunya, ada beberapa fitur yang disematkan dalam Qur’an Kemenag versi iOS, sebagai berikut: fitur Qur’an per ayat dan terjemahan Al-Qur’an, Qur’an per halaman, Tafsir, jadwal salat per kota, Tanggalan Masehi dan Hiriyah, fitur Bagikan Ayat, Cari Nomor dan Pindah Ayat, fitur Tanda Tashih, fitur Beranda, fitur Tautan Terkait, dan Jadwal Salat, dan lainnya. Fitur-fitur tersebut akan terus dilengkapi dan disempurnakan, seperti: fitur Azan, Kompas Kiblat, share ayat dengan tamplate, dan lainnya.

Untuk mengunduh aplikasi Qur’an Kemenag versi IOS bisa menuju ke alamat https://apps.apple.com/us/app/quran-kemenag/id1626953037.[]

Bp/diad

 

Penulis: Bagus Purnomo
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI