Close

Sejumlah Agenda Meriahkan HAB ke-72 Kementerian Agama

Jakarta, (29 Desember 2017). Sejumlah agenda yang telah dirancang dan disusun panitia nasional Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 Kementerian Agama RI siap digelar. Rapat panitia yang dilaksanakan beberapa kali ini menyepakati sejumlah kegiatan. Antara lain Malam Tasyakuran dengan bintang tamu Cak Nun serta Dzikir dan Doa Bersama untuk Bangsa bersama Aa Gym.

Ketua Panitia Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 Kementerian Agama RI, Rohmat Mulyana Sapdi, mengatakan hal tersebut di hadapan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin saat upacara pembukaan kegiatan yang dikemas dengan senam sehat massal, Jumat (29/12/17).

“Kegiatan HAB ke-72 ini telah diawali dengan adanya kegiatan Pra-HAB yang diselenggarakan oleh Balitbang dan Diklat Kemenag berupa Launching Al-Quran Terjemahan Bahasa Daerah pada Rabu, 20 Desember 2017, dan Seminar Hasil Penelitian Evaluasi Tafaqquh Fiddin di Pesantren pada hari yang sama,” kata Rohmat.

Kemudian, lanjutnya, HAB ke-72 yang dibuka Menteri Agama ditandai dengan pelepasan balon dan banner HAB ke-72 beserta 72 ekor burung merpati. Kegiatan pembukaan juga diisi dengan eksibisi futsal, tarik tambang, dan balap karung.

“Pada Rabu, 3 Januari 2018, kita melaksanakan upacara peringatan HAB ke-72 di Kemenag Lapangan Banteng. Selang dua hari, yaitu Jumat, kita menggelar Dzikir dan Doa Bersama untuk Bangsa di Aula H.M. Rasyidi gedung Kemenag Thamrin. Acara ini diawali khataman al-Qur’an oleh Tim LPMQ. Dilanjut taushiyah K.H Abdullah Gymnastiar (Aa Gym),” paparnya.

Sekretaris Balitbang Diklat Kemenag ini menambahkan, pada Ahad (7/1/18) perayaan HAB diisi Jalan Sehat Kerukunan dimulai dari halaman gedung Kemenag Lapangan Banteng, Jl. Pejambon, Tugu Tani, Gambir, melewati jalan yang mengelilingi Tugu Monas, sampai kembali lagi ke Kantor Kemenag.

“Jalan Sehat Kerukunan ini siap diikuti sekitar 3.000 orang dan dimeriahkan dengan Marching Band PBD NSI, Marching Band MTSN Pamulang, Organ tunggal, dan Door prize,” terang pria kelahiran Jawa Barat ini.

Selain itu, peringatan HAB ke-72 juga dimeriahkan berbagai pertandingan olah raga, perlombaan seni, Bazar dan Baksos. Pertandingan olah raga meliputi tenis meja, catur, bulu tangkis, dan tenis lapangan. Perlombaan seni meliputi lomba Dirigent, MC, Stand Up Comedy, Baca Puisi, Yel-yel 5 Nilai Budaya Kerja, dan Kemenag Idol.

“Bazar akan menampilkan berbagai produk barang, makanan, dan minuman. Sedangkan Baksos akan diisi dengan kegiatan donor darah, pembagian sembako, dan membersihkan tempat ibadah di area Jakarta. Sebagai bagian dari kegiatan Baksos juga, kami menyelenggarakan pembagian sembako dan pemeriksaan kesehatan untuk deteksi dini kanker serfik secara gratis di Jawa Timur,” rincinya.

Ia menambahkan, puncak peringatan HAB akan diisi kegiatan malam tasyakuran HAB ke-72 yang mengundang Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) dan grup Kiai Kanjeng. Acara tersebut dijadwalkan pada Kamis, 11 Januari 2018.

“Seluruh rangkaian kegiatan HAB ke-72 yang dijadwalkan selama 15 hari ini akan ditutup pada Jumat, 12 Januari 2018. Dalam penutupan nanti panitia membagikan hadiah bagi para pemenang pertandingan olah raga, perlombaan seni, dan pembagian doorprize,” pungkas Rohmat. []

Musthofa Asrori/diad