Close

LPMQ Launching Font dan Database Mushaf Al-Quran Standar Indonesia

Jakarta (4 Mei 2018). Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) bekerjasama dengan Muslim GO merilis aplikasi mobile layanan keagamaan dan panduan lengkap bagi muslim di dunia. Layanan ini kemudian diperlengkap menjadi aplikasi Islam pertama dengan font Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia yang disertifikasi Kementerian Agama RI.

Bertempat di Aula Utama Lantai 1 Gedung Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal Taman Mini Indonesia Indah (TMII), acara dihadiri oleh Kepala LMPQ Kementerian Agama RI Muchlis M. Hanafi, Penceramah Kondang Nasional dan Pendiri Pondok Pesantren Yayasan Darul Qur’an Internasional K.H Yusuf Mansur, sejumlah Pejabat Eselon LPMQ, karyawan Bayt Al-Qur’an, segenap awak media online dan cetak, serta delegasi Biro HDI.

Muslim GO adalah aplikasi multifungsi yang menyediakan panduan lengkap untuk Muslim di seluruh dunia, serta telah diunduh oleh lebih dari satu juta pengguna (users) dan didownload lebih dari 2,5 juta kali downloaders. Aplikasi Muslim GO menyediakan fitur Alquran digital yang bersumber dari LPMQ Kemenag, lalu ada waktu shalat akurat berdasarkan koordinat pengguna, arah kiblat (jihat al-qiblat).

Selain itu, terdapat pula kumpulan bacaan niat-niat shalat sunnah, kumpulan doa yang bisa dibaca dalam kegiatan sehari-hari, kemudian di dalamnya ada kalender Islam/hijriyah lengkap dengan pengingat hari-hari raya besar Islam (HBI), direktori masjid dan restoran halal terdekat, serta ayat-ayat Alquran yang secara umum oleh masyarakat muslim di Indonesia. Aplikasi Muslim GO ini bisa didownload di Google Play / App Store dan sudah ada di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Pakistan, Cina, dan India. Sedangkan untuk download font LPMQ Misbah di situs quran.kemenag.go.id.    

Dalam kata sambutan, Jarot Utomo selaku Marketing Manager Muslim GO Indonesia mengatakan bahwa langkah peluncuran ini mengukuhkan posisi Muslim GO sebagai penyedia pedoman paling akurat dan terlengkap bagi umat Islam di seluruh dunia. Menurutnya “Muslim GO diharapkan dapat membantu rekan-rekan muslim dan dunia lebih baik melalui inovasi teknologi dan operasi lokal yang mendalam untuk membuat dunia ini menjadi tempat yang baik. Muslim GO telah menyediakan berbagai macam layanan agama dan kehidupan bagi para pengguna Muslim di Indonesia. Dan kini, Muslim GO menjadi aplikasi Muslim yang menggunakan font Mushaf Standar Indonesia secara resmi disertifikasi oleh LPMQ Kemenag.” ujarnya penuh bangga. 

Dalam kesempatan itu, Kepala LPMQ Muchlis M. Hanafi mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan ini. Sebagai orang nomor satu di LPMQ, Muchlis menuturkan bahwa Lajnah adalah lembaga yang mempunyai tusi (tugas dan fungsi) mentashih (memeriksa/ mengoreksi) setiap mushaf atau lembaran-lembaran berisi tulisan Alquran yang akan dicetak dan dipublis oleh sejumlah penerbit Alquran kepada masyarakat Muslim Indonesia.

“Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an merupakan satker di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI merasa perlu untuk memastikan tidak adanya salah ketik, tidak ada huruf/kalimat yang hilang, salah baris, dan menyeragamkan font mushaf Alquran Standar Indonesia pada setiap cetakan Alquran. Dan aplikasi Muslim GO menjadi motor penggerak memasyarakatkan Alquran.” paparnya.

Pada sesi terakhir, Da’i Kondang K.H Yusuf Mansur memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada layanan aplikasi online Muslim GO ini dan akan memberikan support kepada jajaran LPMQ Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal ini agar terus menjaga keotentikan Alquran di Indonesia.

Dikisahkannya, bahwa berkah Alquran lah yang membuatnya seperti sekarang ini. Karena keutamaan (fadhilah) Alquran ia berkeling dunia, mengasuh ribuah santri Tahfiz Alquran, dan memimpin perusahaan nasional beromset triliyunan.

“Alquran begitu luar biasa, Alquran menjadi panduan sekaligus penuntun hidup (way of life) dalam segala aspek kehidupan kita. Baca saja, amalkan, serta tadabburi (renungkan, hayati) lalu dawam-kan (jadikan wirid/rutinkan), niscaya kamu akan mendapatkan jalan cahaya dan dihilangkan dari kegelapan duniawi. Terutama surah yang memiliki keajaiban (miracle) yang sangat luar biasa seperti Surah Yasin, Surah Ar-Rahman, Surah Al-Waqi’ah, dan Surah Al-Mulk,” pesannya.[]

Nasrullah Nurdin/diad