Close

Madrasah Aliyah NU TBS Kudus juara Olimpiade Sains Qur'ani

Kudus (7 Mei 2018). Madrasah Aliyah (MA) Nahdlatul Ulama (NU) Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS) berhasil menjuarai Olimpiade Sains Qur'ani Tingkat Aliyah Se-Kabupaten Kudus memperebutkan piala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

TBS berhasil unggul dengan nilai 1050 dari lima finalis lainnya. Sementara juara II diraih oleh MA Ma'ahid, Juara III oleh MA Miftahul Falah, Harapan I MA Qudsiyyah, Harapan II MA Nahdhatul Muslimin, dan Harapan III MA NU Mu'allimat. Para pemenang masing-masing mendapatkan tropi dan uang pembinaan.

Persaingan ketat terjadi sepanjang babak penyisihan hingga final. Hampir semua regu terdapat siswa-siswi yang sudah selesai hafalan 30 juz, sehingga materi-materi soal yang terkait dengan hafalan ayat-ayat kauniah (ilmi) dapat terjawab dengan tegas dan lugas.

Menurut Bagus Purnomo, selaku koordinator dewan hakim menyebutkan, meskipun hanya sekitar seminggu untuk menghafal atau mempelajari buku-buku tafsir ilmi, Alhamdulillah para siswa-siswi sudah tampil luar biasa, mengingat buku-buku serial Tafsir Ilmi sarat dengan teori-teori sains modern yang cukup berat untuk segmen Aliyah. Koordinator Dewan Hakim sekaligus Kepala Seksi Kajian dan Pengembangan Al-Qur'an LPMQ ini mengharapkan, agar kegiatan semacam ini kedepan bisa diagendakan secara rutin dengan event yang lebih besar. []

Saifuddin/diad