Close

Kaban Lantik Pejabat Struktural dan Fungsional Analis Kebijakan

Jakarta (31 Desember 2018). Kepala Badan Litbang dan Diklat (Kaban), Prof. H. Abd. Rachman Mas’ud, Ph.D., melantik dua puluh satu pejabat struktural pengawas dan satu pejabat fungsional analis kebijakan  Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Seremonial pelantikan digelar di ruang serba guna, Gedung Kementerian Agama, Jl. MH. Thamrin No. 6, Lantai III, Jakarta, Senin (31/12) siang.

Dalam sambutannya, Mas’ud mengatakan mutasi, rotasi, dan promosi merupakan bagian dari dinamika proses penyegaran dan pemenuhan kebutuhan birokrasi. Pemilihan dan penentuan telah dilakukan berdasarkan penilaian secara kapasitas, kompentensi, intregitas, loyalitas, moralitas.

“Amanah tugas baru yang Saudara-saudara emban dilakukan menjelang pergantian tahun baru semoga menjadi momentum yang tepat bagi Saudara sebagai pejabat eselon IV mengoptimalkan fungsi dan tugas sebagai pengawas dalam hal ini mengendalikan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh pejabat pelaksana dimasing-masing unit kerja sehingga roda birokrasi berjalan lebih baik dan lancar,” ujar Mas’ud.

Selanjutnya, menyinggung soal jabatan fungsional analis kebijakan, Mas’ud menegaskan bahwa tugas dan fungsi jabatan fungsional ini sangatlah tidak mudah. Oleh sebab itu dibutuhkan orang yang benar-benar mamahami seluk beluk kebijakan yang diterbitkan, lalu membuat analisisnya seperti apa.

“Jabatan analisis kebijakan harus memiliki kemampuan untuk melakukan pemetaan, analisis, dan pemengaruhan atas kebijakan yang telah diterbitkan. Tentang pemetaan, maka seorang analisis kebijakan tentu harus menguasai seluruh tugas pokok dan fungsi Kemenag. Di dalam konteks ini, seorang pejabat analisis kebijakan harus memahami mengenai delapan area perubahan dalam reformasi birokrasi. Misalnya, tentang manajemen perubahan, penguatan SDM, penguatan tata kelola, penguatan regulasi, pengawasan, akuntabilitas dan pelayanan publik,” terang Mas’ud.

Lebih jauh, Mas’ud mengatakan bahwa seorang analisis kebijakan mestilah memahami terhadap apa saja kebijakan yang diterbitkan oleh Kemenag, lalu apa saja yang bisa dipetakan lalu untuk dianalisis. Oleh karena itu, seorang analisis kebijakan mestilah menguasai terhadap metodologi analisis kebijakan dan mereka harus menguasai terhadap bagaimana melakukan penelitian kebijakan atau policy research.

Terakhir, Mas’ud berharapan agar pejabat yang baru dilantik mengemban amanah jabatan dengan sebaik-baiknya, selalu melakukan continuous improvement, berperan aktif dan menjadi bagian dari solusi, serta mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada sebagai bagian dari proses penguatan diri saudara untuk menjadi lebih baik dan lebih baik.

Berikut ini daftar nama pejabat yang dilantik oleh Kaban:

 

  1. Drs. H. Abdurahman semula menjabat sebagai Kepala Seksi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Jakarta, kini menjabat sebagai Kepala Subbidang Program dan Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan pada Pusdiklat Tenaga Administrasi, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

 

  1. H. Sahro Wardi, Lc. semula menjabat sebagai Pengembang Pegawai pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Jakarta, kini menjabat sebagai Kepala Seksi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Jakarta

 

  1. Drs. H. Jasrizon semula menjabat sebagai Penyusun Bahan Penyelenggaraan Diklat pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang, kini menjabat sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang.

 

  1. Drs. Ermi Arbi semula menjabat sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang, kini menjabat sebagai Kepala Seksi Diklat Tenaga Administrasi pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang.

 

  1. Aprianto, S.Ag.,M.A. semula menjabat sebagai Kepala Seksi Diklat Tenaga Administrasi pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang, kini menjabat sebagai Kepala Seksi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang.

 

  1. Bandar, S.E.,M.M. semula menjabat sebagai Kepala Seksi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Palembang, kini menjabat sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Palembang.

 

  1. Mursidah, S.Ag.,M.M. semula menjabat sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Palembang, kini menjabat sebagai Kepala Seksi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Palembang.

 

  1. H. Abdul Wahib A.,S.H. semula menjabat sebagai Penyusun Bahan Penyelenggaraan Diklat pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Semarang, kini menjabat sebagai Kepala Seksi Diklat Tenaga Administrasi pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Semarang.

 

  1. Drs. Abd. Manan semula menjabat sebagai Kepala Seksi Diklat Tenaga Administrasi pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Banjarmasin, kini menjabat sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Banjarmasin.

 

  1. Dra. Erna Zainah, M.M. semula menjabat sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Banjarmasin, kini menjabat sebagai Kepala Seksi Diklat Tenaga Administrasi pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Banjarmasin.

 

  1. Dra. Hadidjah Pakudu, M.Si. semula menjabat sebagai Kepala Seksi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Manado, kini menjabat sebagai Kepala Seksi Diklat Tenaga Administrasi pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Manado.

 

  1. Hendrawaty Tubagus, S.Sos. semula menjabat sebagai Kepala Seksi Diklat Tenaga Administrasi pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Manado, kini menjabat sebagai Kepala Seksi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Manado.

 

  1. Fadlun Zakiyah Alhamid, S.E. semula menjabat sebagai Penyusun Laporan Keuangan pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Papua, kini menjabat sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Papua.

 

  1. Hery Susanto, S.S. semula menjabat sebagai Analis Organisasi pada Bagian Organisasi, Kepegawaian, dan Hukum, Sekretariat Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, kini menjabat sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.

 

  1. Rizki Riyadu Taufiq, S.Th.I, M.A. semula menjabat sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta, kini menjabat sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Puslitbang Bimbingan Masyarakat Agama dan Layanan Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

 

  1. Rois Mustofa, S.E semula menjabat sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, kini menjabat sebagai Kepala Subbagian Perpustakaan pada Bagian Umum dan Perpustakaan, Sekretariat Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

 

  1. Taufik Budi Sutrisno, S.Sos, S.IPI semula menjabat sebagai Kepala Subbagian Perpustakaan pada Bagian Umum dan Perpustakaan, Sekretariat Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, kini menjabat sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

 

  1. Rita Sukma Dewi, S.IP. semula menjabat sebagai Analis Jabatan pada Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta, kini menjabat sebagai Kepala Urusan Perencanaan dan Keuangan pada Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.

 

  1. Irfanul Majid, S.Pd semula menjabat sebagai Kepala Urusan Perencanaan dan Keuangan pada Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta kini menjabat sebagai Kepala Urusan Umum pada Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta

 

  1. H. Nazaruddin Nawir, S.Kom semula menjabat sebagai Kepala Urusan Umum pada Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar kini menjabat sebagai Kepala Urusan Organisasi dan Tatalaksana dan Kepegawaian pada Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.

 

  1. Asnianti, S.Sos. semula menjabat sebagai Kepala Urusan Organisasi dan Tatalaksana dan Kepegawaian pada Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar kini menjabat sebagai Kepala Urusan Umum pada Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

 

  1. Sukma Mahendra, S.Kom., M.Si sebagai Analis Kebijakan.

 

Diad/diad