Close

Workshop Penerbitan Jurnal dan Website BDK Papua

Jayapura (4 Maret 2019). Sesban Litbang dan Diklat Kementerian Agama Moh. Isom, membuka secara resmi Workshop Penerbitan Jurnal dan Website Balai Diklat Keagamaan (BDK) Papua di Frontone Hotel Jayapura, Senin (04/03). Hadir dalam acara tersebut Rektor IAIN Fattahul Mulk Papua Habib Idrus Al-hamid dan Kepala BDK Papua M. Mochtar Tuhuteru.

Dalam kesempatan itu, Sesban menyampaikan tiga hal penting sebagai program prioritas Kementerian Agama 2019. Program prioritas ini yang menjadi panduan untuk program di unit lainnya.

Pertama, program unggulan tahun 2019 yang diprioritaskan oleh Menteri Agama RI yaitu menciptakan MoRA One Set atau layanan satu atap Kementerian Agama.

“Dulu kita banyak menggunakan aplikasi, untuk menyederhanakan itu sekarang sedang dirancang satu aplikasi yang dengan satu setuhan saja dapat mengakses seluruh informasi Kementerian Agama,” terang Sesban.

Selain itu, Sesban pun menjelaskan bahwa Kementerian Agama sedang membangun pula Internet Religion Forum 2019 yang merupakan aplikasi khusus yang bertujuan untuk menangkal hal-hal yang dapat memecah berlah persatuan umat.

Kedua, Menag menargetkan realisasi anggaran pada Oktober 2019 mencapai 90%. Oleh karena itu perlu disipin dan komitmen yang tinggi dalam pelaksanaan anggaran tahun 2019.

“Menag berharap pelaksanaan anggaran tahun 2019 bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Beliau menargetkan realisasi anggaran sebesar 90% pada akhir periode jabatannya, yaitu Oktober 2019,” lanjut Sesban.  

Ketiga, pembangunan bidang agama dan keagamaan sesuai misi Kementerian Agama. Diketahui misi Kemenag ialah meningkatkan kerukunan antar umat beragama.

“Sebagai ASN Kementerian Agama, kita tidak boleh mudah terprovokasi dengan masalah-masalah keagamaan yang terjadi. Karena tugas kita adalah ikut menjaga kerukunan antar umat beragama,” ujar Sesban.

Sementara itu, dalam laporannya Fadlun Zakiyah Al Hamid selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan bahwa hadirnya teknologi informasi modern memiliki pengaruh besar bagi kehidupan masyarakat.

“Penggunaan teknologi dan komunikasi saat ini telah menjadi suatu cara yang efektif dan efisien untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Salah satu sisi positif dari perkembangan teknologi internet adalah pemanfaatan website sebagai sarana penyampaian informasi secara virtual (maya) kepada publik, maka berdasarkan hal tersebut maka BDK Papua menyelenggarakan Workshop Penerbitan Jurnal dan Website,” jelas Fadlun. []

Ty/diad

 

Photographer: Ahmed

Penulis: Isti Rachman