Close

LKKMO: Gali Masalah Penelitian Sesuai Kebutuhan Unit Teknis

Jakarta (31 Mei 2019). Bidang Penelitian dan Pengembangan Puslitbang LKKMO melakukan safari penggalian tema/masalah penelitian ke Unit-Unit Eselon I Kementerian Agama di Jakarta, Jumat (31/05).

Hal ini dilakukan seiring dengan berakhirnya Rencana Strategis (Renstra) Badan Litbang dan Diklat tahun 2019 dan sedang disusunnya Renstra untuk 5 tahun mendatang. Kegiatan diskusi dengan mendatangi langsung unit-unit teknis merupakan amanat Renstra Badan Litbang dan Diklat yang salah satunya adalah bahwa penyusunan tema dan masalah penelitian ditetapkan berbasis kebutuhan dan permintaan stakeholder.

Kepala Bidang Litbang Manajemen Organisasi, Asroi beserta tim peneliti Rusno Haji dan Dian Hafid Syaifullah secara maraton sejak tanggal 27 Mei 2019 berkunjung ke Bimas Kristen, Budha, Hindu, Katholik, Biro-Biro Sekretariat Jenderal, dan terakhir ke Bimas Islam tanggal 31 Mei 2019.

Safari ini mwmbawa misi untuk melakukan analisis dan eksplorasi kebutuhan penelitian pada setiap unit sehingga fokus penelitian mendatang sesuai kebutuhan untuk dijadikan dasar pengambilan kebijakan dan memvalidasi berbagai judul yang telah diusulkan unit teknis sebagai bentuk respon atas surat yang telah dilayangkan awal Januari 2019 lalu.

Dalam diskusi berkembang berbagai persoalan yang memang dihadapi oleh unit teknis baik yang bersifat substantif program kerja maupun tagihan kegiatan PMPRB. Dijelaskan Asroi bahwa dalam program PMPRB setiap Unit Eselon I harus melaporkan bukti capaian layanan yang telah dilakukannya setiap tahun seperti indeks layanan keagamaan, indeks integritas siswa, indeks integritas sosial, indeks kerukunan, dan hasil survey lainnya yang mengukur setiap program yang telah dibiayai oleh APBN. Tentu berbagai jenis survey di atas merupakan tugas Badan Litbang dan Diklat sebagai supporting agency karena unit teknis tidak mungkin melaksanakan dan menganggarkan biaya penelitian.

Penggalian berbagai kebutuhan penelitian ini, tegas Asroi merupakan lanjutan dari penelitian yang sedang dilakukan Bidang Manajemen Organisasi tahun ini yakni meliputi 14 jenis penelitian. Nah, tahun depan hingga tahun 2024 diharapkan mencakup lebih dari 20 judul penelitian per tahunnya. Keleluasaan pelaksanaan penelitian ini didorong oleh adanya regulasi baru tentang penelitian dalam bentuk berbasis keluaran baik penugasan maupun kompetitif.

Sesuai dengan SK Kepala Badan Litbang dan Diklat Nomor 42 Tahun 2018 tentang Pedoman Penelitian Berbasisi Keluaran sebagai turunan dari regulasi yang lebih tinggi lainnya, pelaksanaan penelitian dilakukan lebih sederhana dan tidak menuntut banyak urusan administratif tetapi lebih fokus pada substantif. Pembiayaan diberikan secara langsung dalam bentuk grant kepada pelaksana penelitian. Semoga dengan komunikasi intensif terkait judul/masalah penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan layanan keagamaan pada unit-unit teknis dan secara praktis dapat meningkatkan perolehan nilai RB mendatang. []

IA/diad