Close

Ijtimak Ulama AlquranTingkat Nasional

"Uji Sahih Terjemahan Alquran Edisi Penyempurnaan”

Jakarta (4 Juli 2019). Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI akan menyelenggarakan Ijtimak Ulama Alquran Tingkat Nasional di Bandung pada tanggal 8-10 Juli 2019. Tujuannya untuk menghimpun saran dan masukan dari para pakar Alquran  guna perbaikan dan penyempurnaan Terjemahan Alquran Kementerian Agama edisi penyempurnaan serta membahas persoalan aktual yang terkait dengan terjemah, tafsir Alquran, dan kajian mengenai dinamika yang berkembang di tengah masyarakat yang akan direkomendasikan sebagai bahan kajian di masa mendatang.


Acara digelar selama tiga hari di hotel El Royal Bandung, Jawa Barat, mengambil tema “Uji Sahih Terjemahan Al-Qur’an Edisi Penyempurnaan” dan diikuti oleh 110 peserta yang terdiri dari para ulama, akademisi, dan pemerhati kajian tafsir dan ilmu Alquran dari unsur Kementerian Agama RI, Majelis Ulama Indonesia, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud RI, Dosen Perguruan Tinggi Islam, Ulama dan Pengasuh Pondok Pesantren, Asosiasi Ilmu Alquran, dan Pusat Studi Alquran.


Ada dua agenda besar Ijtimak Ulama Alquran Tingkat Nasional. Pertama, Seminar Penerjemahan Alquran. Seminar ini akan mendiskusikan kajian seputar penerjemahan Alquran dan hal-hal yang terkait dengan upaya penerjemahan Alquran. Narasumber Seminar Penerjemahan Alquran diantaranya Prof. Dr. H. M. Quraish Shihab, MA, Prof. Dr. Thomas
Djamaluddin, Ph.D, Dr. TGH Zainul Majdi, MA, Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum, Dr. H.Muchlis M. Hanafi, MA, dan Prof. Dr. Said Agil al-munawwar.

 

Kedua, Pembahasan Terjemahan Alquran Kementerian Agama edisi penyempurnaan, merupakan sidang yang mengkaji dan menghimpun saran dan masukan dari para peserta ijtimak terhadap Terjemahan Alquran yang telah disusun oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran. Sidang ini akan dibagi menjadi tiga kelompok kerja (pokja) dimana setiap pokja terdiri dari 30 hingga 40 peserta ijtimak. Sidang pokja memuat penyampaian hasil telaah pembahas atas draf terjemahan Alquran diikuti diskusi bersama para peserta ijtimak. Sidang pokja akan menyusun rekomendasi yang digunakan sebagai bahan perbaikan bagi penerbitan Terjemahan Alquran Kementerian Agama. []

LPMQ/diad