Close

Penelitian Naskah Kuno Yang Bernafaskan Islam di Sulawesi Selatan

Penelitian Naskah Kuno Yang Bernafaskan Islam

di Sulawesi Selatan

Yusrie Abady dan Musda Mulia, (1995),

Puslitbang Lektur Agama, 105 hlm.

Naskah-naskah kuno yang bernafaskan Islam di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan merupakan salah satu sumber budaya yang sangat berharga dalam usaha melestarikan budaya masyarakat yang berasal dari leluhur. Kajian tentang naskah kuno akan banyak manfaat untuk mengenal norma dan adat istiadat leluhur yang mungkin masih relevan dengan situasi dan kondisi masyarakat dewasa ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak naskah kuno yang bernafaskan Islam; mengetahui berapa judul naskah kuno dan apa pesan daripada naskah-naskah kuno yang ada.

Penelitian ini berhasil mengidentifikasi naskah kuno bernafaskan Islam sebanyak 51 judul berikut isi singkat masing-masing judul. Masing-masing diidentifikasikan dalam elemen-elemen erikut : judul, penulis, tempat penulisan, waktu penulisan, huruf yang digunakan, bahasa yang digunakan, ukuran naskah, jumlah halaman, tempat di mana naskah itu berada, dan isi utama naskah dimaksud.

Saran dari penelitian adalah agar usahaidentifikasi dan pemetaan naskah-naskah kuno terus dilanjutkan. Jangan sampai naskah-naskah kuno tidak terpelihara sehingga terjadi keterputusan sejarah lektur dari sebuah masyarakat tertentu.