Close

Penelitian Naskah Kuno Yang Bernafaskan Islam di Nusa Tenggara Barat

Penelitian Naskah Kuno Yang Bernafaskan Islam

di Nusa Tenggara Barat

Al Humam Mundzir dan Abdy Bahruddin Malik, (1995), Puslitbang Lektur Agama, 94 hlm.


Naskah kuno merupakan peninggalan yang berharga yang menggambarkan khasanah lektur yang pernah berkembang pada masa lalu. Perkembangan lektur keagamaan di Indonesia dapat dibagi dalam 3 periode besar yaitu lektur keagamaan zaman Hindu Budha, pada zaman kerajaan-kerajaan Hindu Budha; lektur keagamaan zaman kerajaan-kerajaan Islam; lektur keagamaan zaman penjajahan hingga sekarang. Penelitian ini mencoba mencermati naskah kuno yang bernuansa keislaman.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapa[tkan informasi empiris tentang naskah-naskah kuno yang bernuansa Islam. Penelitian dilakukan di Nusa Tenggara Barat.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa di NTB banyak sekali naskah Islam kuno. Kalau diklasifikasikan dari naskah-naskah yang berhasil diidentifikasikan dapat disebutkan ; 1) naskah yang berisikan aqidah dan mistik sebanyak 9 naskah; 2) naskah yang berisi ajaran syariah dan fiqh sebanyak 5 naskah; 3) naskah yang berisi penuturan sebanyak 5 naskah; 4) naskah yang berisi hikayat yang bernafaskan Islam sebanyak 33 naskah; 5) naskah yang berisi perhitungan mujarobat sebanyak 7 naskah ; 6) naskah yang berisi kumpulan dzikir, doa, sholawat nabi sebanyak 5 naskah.

Rekomendasi dari penelitian adalah ; 1) perlunya langkah-langkah penyelamatan terhadap naskah-naskah kuno yang ada dan telah berhasil diidentifikasikan; 2) perlu langkah tindak lanjut klasifikasi dan kategori naskah kuno baik yang sudah ditemukan maupun kemungkinan yang belum ditemukan.