Close

Lektur Agama Yang Diminati Jamaah Masjid Kampus IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Lektur Agama Yang Diminati Jamaah

Masjid Kampus IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Badri Yunardi, (1998), Puslitbang

Lektur Agama, 28 hlm.

Lektur agama sangat besar pengaruhnya dalam pembentukan watak dan prilaku seseorang, apalagi di tengah zaman yang selalu berkembang dan derasnya pengaruh globalisasi. Untuk mengetahui nuansa pemahaman keagamaan yang berkembang pada kelompok sosial tertentu, seperti jamaah masjid, maka perlu dilakukan pengamatan. Pertanyaannya adalah bagaimana wujud dan bentuk lektur agama yang diminati oleh masyarakat saat ini. Penelitian ini akan diarahkan pada lektur keagamaan yang diminati jamaah kampus atau jamaah masjid yang berada di perguruan tinggi.

Sasaran penelitian ini adalah jamaah masjid Kampus IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian dilakukan pada 50 jamaah.

Dari penelitian ini ditemukan dan disimpulkan bahwa : 1) buku yang paling diminati jamaah masjid Syarif Hidayatulah adalah adalah buku-buku yang bernuansa pemikiran. Buku dalam konteks itu, yang paling diminati adalah Islam Doktrin Peradaban, Membumikan Al Qur’an, Peta Bumi Intelektual Muslim, Wawasan Al Qur’an, Islam Inklusif, Islam Alternatif dsb; 2) Di samping buku-buku pemikiran, bacaan jamaah juga didapatkan dari berbagai majalah –majalah seperti Panjimas, Ulumul Qur’an, Ummi, An Nida, Hidayatullah, Media Dakwah dan Amanah.

Rekomendasi dari penelitian ini adalah 1) perlunya jamaah didorong untuk menjadi pembaca buku yang kritis. Untuk itu perlu dikembangkan budaya dialog dan diskusi masalah-masalah keagamaan; 2) perlunya pengamatan yang kritis mengenai dinamika lektur keagamaan yang berkembang di sekitar masjid kampus; 3) pihak pengelola perpustakaan masjid (bila Ada) hendaknya menyediakan bacaan yang berimbang sehingga jamaah tidak jatuh pada pemahaman keagamaan yang sempit.