Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668

HAB Momentum Kemenag Wujudkan Kepemerintahan Bebas Korupsi

Kamis, 2 Februari 2012
Kategori : Berita
321 kali dibaca

Jakarta, (02/02) - Kemenag manfaatkan momentum HAB ke 66 untuk menggelar seminar nasional (01/02) dengan tema "Memperteguh komitmen Kemenag dalam mewujudkan kepemerintahan yang bebas dari korupsi" di Auditorium Kemenag, Jakarta.

 

Dalam kesempatan ini pula, terkait dengan survey KPK yang menyoroti pungutan liar di KUA, Beliau memberikan tanggapannya. KUA tidak memiliki biaya operasional yang cukup dan kantor yang memadai. Petugas melaksanakan catatan pernikahan hanya di hari dan jam kerja maka ketika ada permintaan pencatatan di luar jam kerja, tentunya hal tersebut tidak dapat dibebankan pada KUA.

Sedangkan untuk pelayanan izin KBIH, SDA menjelaskan bahwa persoalan tersebut sesungguhnya bisa diselesaikan dengan cara memperpendek birokrasi. Kemenag memang sedang melakukan pembenahan agar pelayanan perizinan, seperti KBIH tak memberatkan.

Menyoal wacana privatisasi penyelenggaraan haji, Mahfud MD, menyatakan keberatannya. Menurutnya, penyelenggaraan haji merupakan kebutuhan orang banyak dan negara dalam hal ini Kemenag wajib menyediakan layanan tersebut.

Dalam keynote speechnya, Mahfud MD, menyatakan korupsi di birokrasi masih kuat, padahal inti dari birokrasi adalah agar pemerintah dapat memberi pelayanan kepada rakyatnya. Untuk itu Menteri Agama dalam pengarahannya juga menghimbau agar seluruh jajaran Kemenag dapat memangkas birokrasi yang panjang sehingga rakyat dapat terlayani dengan baik.(RPS)


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP