Rekomendasi WI Utama Untuk Tingkatkan Motivasi dan Profesionalisme PNS

9 Des 2013
Rekomendasi WI Utama Untuk Tingkatkan Motivasi dan Profesionalisme PNS

Jakarta, (10/12) - Badan Litbang dan Diklat menyelenggarakan Orasi Widyaiswara Utama Drs. H. Ahmad Shodiqin, M.M. kemarin (9/12) bertempat di Balai Diklat Keagamaan Jakarta.

 

Dalam naskah orasinya yang berjudul “Pengaruh Motivasi dan Profesionalisme Pegawai Terhadap Efektivitas Kerja pada Kantor Kementerian Agama Kota di Provinsi DKI Jakarta”, beliau menggambarkan beberapa masalah yang ditemui seputar motivasi, profesionalisme dan efektivitas kerja.

 

Berdasarkan hal tersebut, beliau merekomendasikan perlunya pembinaan dan pelatihan bagi pegawai dengan mensyaratkan database kepegawaian yang terus diperbarui dan peta kepesertaan diklat yang akuntabel demi pemerataan kesempatan dan menghindari overlapping.

Dalam kaitannya dengan pembinaan dan peningkatan motivasi pegawai, Shodiqin merekomendasikan penyelenggaraan diklat peningkatan etos kerja pegawai, diklat pembinaan mental PNS, diklat pengembangan potensi diri PNS, serta adanya pelatihan ESQ.

Shodiqin juga merekomendasikan upaya pembinaan peningkatan profesionalisme pegawai dengan menyelenggarakan diklat-diklat yang membentuk keterampilan dan keahlian/skill serta bersifat terapan.

Dua rekomendasi terakhir ditujukan bagi Balai Diklat Keagamaan Jakarta sebagai penyelenggara diklat tingkat provinsi. (RPS)

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI