Kabadan: Pemanfaatan Hasil Penelitian Harus Memenuhi Target

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 08 November 2016 18:18 | Dibaca : 659




Yogyakarta (8 November 2016). Hasil penelitian Badan Litbang dan Diklat harus memenuhi target yang sudah ditetapkan. Selama ini kita sudah banyak melakukan penelitian dengan berbagai tema dan objek, serta banyak hal yang menjadi temuan baru di setiap penelitian yang telah kita lakukan. Namun, hasil-hasil penelitian tersebut untuk konteks saat ini belum sepenuhnya dapat dimanfaatkan.

Demikian pernyataan disampaikan Kepala Badan Litbang dan Diklat, Prof. H. Abd. Rahman Mas’ud, Ph.D. dalam pembukaan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Badan Litbang dan Diklat 2016 di Grand Aston Yogyakarta, (Selasa/8/11). “Saya berharap ke depannya hasil-hasil penelitian pemanfaatannya harus sesuai dengan target Badan Litbang dan Diklat, yakni minimal 67%,” ujarnya di hadapan 150 peserta Rakor yang berasal dari seluruh satuan kerja Badan Litbang dan Dikla.

Selanjutnya, Mas’ud mengingatkan perlunya penguatan publikasi hasil Badan Litbang dan Diklat. “Minimal kita bisa secara kreatif memproduk video-viedo promo pendek tentang apa yang sudah pernah kita lakukan. Hal tersebut sangat penting dalam konteks kepuasan pelayanan dan keterbukaan informasi publik,” ungkapnya.

Mas’ud juga menyatakan keinginannya melakukan upgrading SDM pegawai di lingkungan Badan Litbang dan Diklat, khususnya pegawai JFT yakni widyaiswara dan peneliti. “Saya menginginkan penguatan SDM, khususnya untuk para peneliti dan widyaiswara. Perlu membangun tradisi ilmiah dan intelektual yang bisa menunjang kemampuan akademik dan skill para peneliti dan widyaiswara,” ujarnya. “Kita mengharapkan para peneliti dapat sejajar kemampuannya dengan para peneliti yang berasal dari LIPI. Begitu pula para widyaiswara, bisa sejajar dengan widyaiswar dari LAN,” ujarnya lagi.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Litbang dan Diklat, Dr. H. Rohmat Mulyana Sapdi, dalam laporannya menyatakan bahwa salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk menguatkan kapasitas kelembagaan dan juga SDM Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI. “Melalui agenda nasional ini, saya mengharapkan agar kita dapat merumuskan langkah bersama dari seluruh unit kerja Badan Litbang dan Diklat dalam rangka memperkuat kapasitas kelembagaan dan juga SDM kita di Badan Litbang dan Diklat,” ungkapnya.

Hadir dalam pembukaan ini Kepala Kanwil Kemenag DIY, Prof. Dr. Nizar Ali, para pejabat Eselon II, III, IV, dan para Kepala Balai Diklat Keagamaan dan Kepala Balai Litbang Agama di lingkungan Badan Litbang dan Diklat. []

topeq/bas/diad


Kalender Kegiatan

Pengelolaan Sekolah Islam Terpadu di Kawasan Indonesia Timur

  • Tanggal : 26 Juni 2016 18:05
  • Waktu : 01 Januari 2016 - 02 Februari 2016
  • Pukul : 12:00 - 13:00 Wib
  • Tempat : Kemenag