Balai Diklat Keagamaan Palembang Semester I tahun 2014 telah Selenggarakan 23 Angkatan Diklat

27 Agt 2014
Balai Diklat Keagamaan Palembang Semester I tahun 2014 telah Selenggarakan 23 Angkatan Diklat

Jakarta (27 Agustus 2014). Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang pada tahun 2014 mendapat alokasi anggaran diklat sebesar Rp. 4.040.937.000,-.

Alokasi tersebut terdistribusi pada penyelenggaraan Rumpun Diklat Tenaga Administrasi sebesar Rp. 1.556.292.000,- dan penyelenggaraan Rumpun Diklat Tenaga Teknis Keagamaan dan Kependidikan sebesar Rp. 2.494.647.000,-.

 

Jumlah anggaran tersebut dimanfaatkan untuk menyelenggarakan kegiatan diklat sebanyak 35 angkatan, terdiri dari kegiatan Rumpun Diklat Tenaga Administrasi sebanyak 13 angkatan, dan kegiatan Rumpun Diklat Tenaga Teknis Keagamaan dan Kependidikan sebanyak 22 angkatan.

Pada periode Januari s.d. Juni 2014 (semester I), BDK Palembang telah menyelenggarakan kegiatan diklat sebanyak 23 angkatan. Rumpun Diklat Tenaga Administrasi yang telah diselenggarakan sebanyak 8 angkatan, terdiri dari : Diklat Manajemen KUA, 2 angkatan; Diklat Tata Usaha Madrasah, 1 angkatan; dan Diklat Web Manajemen, 1 angkatan; Diklat Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebanyak 1 angkatan; dan Diklat di Tempat Kerja sebanyak 3 angkatan.

Sementara itu, Rumpun Diklat Tenaga Teknis Keagamaan dan Kependidikan yang telah diselenggarakan sebanyak 15 angkatan, terdiri dari : (1) Diklat Teknis Keagamaan sebanyak 3 angkatan; (2) Diklat Teknis Pendidikan Fungsional sebanyak 5 angkatan; dan (3) Diklat Teknis Pendidikan Substantif sebanyak 7 angkatan.

Sedangkan jumlah alumni diklat yang telah dihasilkan oleh BDK Palembang semester I tahun 2014 sebanyak 690 orang, terdiri dari pegawai Balai Diklat Keagamaan Palembang, pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Lampung, Provinsi Bengkulu, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Namun demikian, dari seluruh alumni diklat tersebut, terdapat 28 alumni diklat yang dinyatakan tidak lulus. Alumni diklat yang dinyatakan tidak lulus tersebut terdiri dari : masing-masing 1 orang pada kegiatan Diklat Teknis Substantif Peningkatan Kompetensi Kerukunan Umat Beragama dan Diklat Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Penyuluh Ahli Pertama, serta sebanyak 26 orang pada kegiatan Diklat Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Khusus untuk Diklat Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang diselenggarakan sebanyak 1 angkatan ini diikuti oleh 30 orang peserta dan hanya menghasilkan 4 orang alumni diklat yang dinyatakan lulus.

Berdasarkan Instruksi Presiden nomor 4 Tahun 2014 tentang Langkah-Langkah Penghematan dan Pemotongan Belanja Kementerian/Lembaga dalam rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2014, belanja anggaran Diklat BDK Palembang mengalami pemotongan (self blocking) sebesar 1.450.120.000,- atau 36% dari alokasi anggaran semula.

Self blocking berdampak pada pengurangan pelaksanaan diklat, terutama pada Rumpun Diklat Tenaga Administrasi. Kegiatan diklat yang mengalami pengurangan adalah Diklat di Tempat Kerja yang semula dijadwalkan sebanyak 7 angkatan berkurang menjadi 3 angkatan. Sementara Diklatpim Tingkat IV yang semula dijadwalkan sebanyak 1 angkatan kemudian ditiadakan.

Rencana kegiatan diklat pada semester II tahun 2014 adalah (1) Diklat Teknis Pendidikan Substantif di Dalam Kampus sebanyak 2 angkatan yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2014; dan (2) Diklat Teknis Pendidikan Substantif di Luar Kampus sebanyak 5 angkatan yang direncanakan diselenggarakan pada bulan September 2014.

 

(AGS)

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI