Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668

BDK Manado Hasilkan Alumni Diklat 750 Orang pada Semester I Tahun 2014

Jumat, 5 September 2014
Kategori : Berita
309 kali dibaca

Jakarta (4 September 2014). Balai Diklat Keagamaan (BDK) Manado tahun 2014 mengalokasikan anggaran untuk penyelenggaraan diklat sebanyak 25 angkatan.

 

Dengan cakupan wilayah kerja Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, dan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, BDK Manado pada tahun 2014 mendapatkan anggaran diklat sebesar Rp. 3.872.913.000,-. Anggaran tersebut digunakan untuk menyelenggarakan Rumpun Diklat Tenaga Administrasi sebanyak 12 angkatan, Rumpun Diklat Tenaga Teknis Keagamaan sebanyak 3 angkatan, dan Rumpun Diklat Tenaga Teknis Pendidikan sebanyak 10 angkatan.

Dalam realisasinya, terdapat beberapa kegiatan diklat yang direvisi dan diganti dengan kegiatan diklat lainnya. Hal ini dikarenakan adanya perintah penghematan anggaran berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2014 tentang Langkah-Langkah Penghematan dan Pemotongan Belanja Kementerian/Lembaga dalam rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Selain itu, revisi kegiatan diklat juga dilatarbelakangi oleh kebutuhan user.

Kegiatan diklat yang direvisi pada Rumpun Diklat Tenaga Administrasi adalah ditiadakannya Diklatpim IV yang semula dijadwalkan sebanyak satu angkatan. Penghapusan Diklatpim IV kemudian diganti dengan penyelenggaraan Diklat Manajemen Penyelenggaraan Haji, Diklat Manajemen Kemasjidan, dan Diklat Ketrampilan Staf.

Pada Rumpun Diklat Tenaga Teknis Keagamaan, kegiatan diklat yang semula direncanakan 3 angkatan direvisi menjadi 6 angkatan. Sementara itu pada Rumpun Diklat Tenaga Teknis Pendidikan, kegiatan diklat yang direalisasikan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Pada semester I tahun 2014, jumlah alumni diklat yang dihasilkan BDK Manado sebanyak 750 orang. Alumni tersebut dihasilkan dari penyelenggaraan Rumpun Diklat Tenaga Administrasi sebanyak 13 angkatan, Rumpun Diklat Tenaga Teknis Keagamaan sebanyak 3 angkatan, dan Rumpun Diklat Tenaga Teknis Pendidikan sebanyak 9 angkatan.

Alumni diklat didominasi oleh pegawai yang berusia di atas 40 tahun sebesar 63%. Sementara itu, dilihat dari tingkat pendidikan, alumni diklat semester I tahun 2014 didominasi oleh pegawai dengan tingkat pendidikan Strata 1 (S1) sebanyak 435 orang (58%)

Pada semester II, BDK Manado merencanakan untuk selenggarakan 4 angkatan diklat yang terdiri dari Rumpun Diklat Teknis Pendidikan sebanyak 1 angkatan dan Rumpun Diklat Teknis Keagamaan sebanyak 3 angkatan.

 

(AGS/Chee/Viks) 

 


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP