Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
BLA Jakarta Seminarkan Produk Akademik di UIN Raden Intan Lampung

BLA Jakarta Seminarkan Produk Akademik di UIN Raden Intan Lampung

Rabu, 21 September 2022
Kategori : Berita
51 kali dibaca

Lampung (Balitbang Diklat)---Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ) menggandeng UIN Raden Intan Lampung memublikasikan produk-produk akademik dan hasil penelitian. Kegiatan mengusung tema “Seminar dan Ekspos Produk Akademik Balai Litbang Agama Jakarta”, digelar di Auditorium UIN Raden Intan Lampung, Jl. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung pada 21-22 September 2022.

Hadir dalam kegiatan ini  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Lampung  Puji Raharjo,  Anggota VIII  DPR RI I Komang Koheri, Rektor UIN Raden Intan Lampung  Jamaluddin, dan  seluruh civitas akademik UIN Raden Intan Lampung.

Kepala Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ) Samidi Khalim dalam sambutannya  mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya. Sebelumnya dilakukan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Rencananya kegiatan serupa juga akan diselenggarakan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada awal Oktober 2022.

“Kegiatan ini merupakan rangkai ekspose produk akademik dan hasil penelitian yang dilakukan  Balai Litbang Agama Jakarta. Sebelumnya kami sudah melakukan kegiatan serupa di UIN Bandung dan UIN Banten. Insya Allah awal Oktober nanti kita akan selenggarakan di Cirebon,” ujar Samidi di depan para undangan, akademisi dan ratusan mahasiswa peserta kegiatan yang hadir, Rabu (21/09/2022).

Samidi juga berterima kasih dan tersanjung atas sambutan Rektor UIN Raden Intan Lampung yang luar biasa dalam mendukung kegiatan ini.

 "Karena seharusnya wisuda mahasiswa kemarin itu sedianya hari ini. Tetapi, karena mau kehadiran kami jadi diajukan. Ini luar biasa," kata Samidi mengawali sambutan disambut aplaus hadirin.

Lebih lanjut Kepala BLAJ menjelaskan masih memiliki beberapa program yang bisa dikerjasamakan. Antara lain publikasi atau ekspos hasil penelitian dan produk akademik, termasuk di dalamnya jurnal.

“Alhamdulillah kita masih ada hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang saat ini kita lakukan ekspose dan kita seminarkan. Kita masih punya satu kegiatan lainnya, yaitu tentang pengelolaan jurnal. Yakni, Jurnal Penamas. Mungkin nanti kita bisa bekerja sama untuk para pengelola jurnal," ujarnya.

Sedang Rektor UIN Raden Intan Lampung Jamaluddin mengapresiasi kegiatan yang Balai Litbang Agama Jakarta.  Jamaluddin menceritakan  bahwa sesungguhnya hubungan baik dan kerja sama antara UIN Raden Intan Lampung dengan Balitbang Kemenag  sudah terjalin cukup erat dan memiliki frekuensi yang lumayan tinggi. Dia  teringat sekitar tahun 2008-2009 saat masih menjabat Direktur Program Pascasarjana IAIN Raden Intan Lampung saat itu ada beberapa kegiatan penelitian, terjemahan, dan lainnya.

"Saya masih ingat betul saat itu Profesor Alamsyah dari tim program Pascasarjana IAIN Raden Intan Lampung  menjadi ketua tim dalam penyelenggaraan kegiatan kerjasama penelitian tersebut. Sekarang amanah itu diberikan oleh Kementerian Agama RI melalui BLAJ di bawah kepemimpinan Bapak Doktor Samidi. Tentu ini merupakan sebuah kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri," kenangnya.

Kegiatan selama dua ini iisi seminar dengan materinya yang diambil dari artikel terbitan Jurnal Penamas. Sebagai penyaji makalah seminar hari pertama adalah Imam Mustofa, penulis artikel jurnal Penamas dan dosen IAIN Metro dengan memaparkan hasil risetnya berjudul Deradikalisasi Pemahaman Agama di Sekolah Menengah Atas. Sedangkan penyaji makalah seminar hari kedua adalah Abdul Jamil Wahab, penulis artikel jurnal Penamas dan peneliti BRIN, yang memaparkan hasil penelitannya di Cikarang, Bekasi berjudul Sikap Moderat Umat Islam dalam Pembangunan Rumah Ibadah.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatangan MoU antara Balai Litbang Agama Jakarta dan  UIN Raden Intan Lampung.  Perjanjian kerjasama ini ditandangani oleh Kepala Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ) Samidi Khalim dan Rektor UIN Raden Intan Lampung Jamaluddin.  

Antusias mahasiswa UIN Raden Intan Lampung dalam kegiatan ini cukup baik. Tercatat lebih dari 500 mahasiswa hadir selama kegiatan berlangsung. Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan pameran buku oleh Perpustakaan Balai Litbang Agama Jakarta, Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementarian Agama,  Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan, Puslitbang Pusat  Pendidikan Agama dan Keagamaan dan  Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.  Peserta yang hadir pada kegiatan ini bisa mendapatkan buku hasil  penelitian di pameran secara cuma-cuma. Mereka juga mendapatkan suvenir dan sertifikat kegiatan dari Balai Litbang Agama Jakarta. []

Aris W Nuraharjo/diad


Sumber :

Penulis : Aris W Nuraharjo

Editor : Dewindah

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP