Core Values ASN berAKHLAK untuk Memberikan Layanan Prima Kepada Masyarakat

15 Mar 2024
Core Values ASN berAKHLAK untuk Memberikan Layanan Prima Kepada Masyarakat
Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Syafi’i membuka Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Penilaian Kinerja PNS bagi Analis SDMA dan Website dan Media Sosial bagi Pranata Humas Angkatan II di Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Setelah penutupan Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Penilaian Kinerja PNS bagi Analis SDMA dan Website dan Media Sosial bagi Pranata Humas Angkatan I (12 Maret 2024), hari ini (15 Maret 2024) dibuka untuk Angkatan II secara daring oleh Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Syafi’i.

 

“Dengan ditetapkannya sebagai peserta berarti harus bertanggung jawab  terhadap pelatihan dari awal sampai akhir dengan sebaik-baiknya seperti bertanggung jawab terhadap pekerjaan, peran, dan tugas yang sudah diemban kepada kita,” ujar Syafi’i.

 

Menurut Syafi’i, untuk mewujudkan Kementerian Agama sebagai kementerian yang profesional dan terpercaya, kita harus memiliki komitmen dan pandangan yang sama serta bertanggung jawab. 

 

“Di mana pun kita ditugaskan, harus bertanggung jawab dengan peran dan tugas kita masing-masing yang telah diembankan,” tegasnya.

 

Oleh karena itu, lanjut Syafi’i, untuk mewujudkan Kementerian Agama sebagai kementerian yang profesional dan terpercaya, kita harus membangun sistem dan Sumber Daya manusia (SDM) yang baik. 

 

“SDM yang dibutuhkan adalah ASN Core Values BerAKHLAK yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Juli 2021 lalu. Semangat dari core values ini adalah untuk membangun kesadaran, pemahaman hingga akhirnya implementasi budaya kerja sesuai core values menjadi mindset seluruh ASN dalam menjalankan tugasnya,” tutur Syafi’i.

 

Core values ASN diharapkan dapat menjadi dasar sikap yang memandu ASN untuk berubah menjadi lebih baik,” sambungnya.

 

“Semakin tinggi disiplin dan performa pegawai dalam organisasi dapat meningkatkan pelayanan publik yang prima,” imbuhnya.

 

Syafi’i menjelaskan tentang Core values berAKHLAK berorientasi pelayanan menunjukkan komitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat. Akuntabel yang artinya bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan. Kompeten artinya ASN akan terus belajar dan mengembangkan kapabilitas. Harmonis menunjukkan adanya saling peduli dan menghargai perbedaan. Loyal mencerminkan dedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Adaptif berarti sikap yang terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan . 

 

Terakhir adalah kolaboratif yang artinya ASN harus dapat membangun kerja sama karena sinergi  kita tidak dapat berjalan  sendiri karena akan capek, terlalu banyak yang akan disiapkan tetapi kalau berkolaborasi, bersinergi akan terasa lebih ringan bisa saling men-support dan maju bersama.

 

“Saya berharap saudara dapat mengikuti pelatihan dengan serius, niatkan ini sebagai pengembangan kompetensi agar memiliki kepuasan personal ketika bisa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya.

 

Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Penilaian Kinerja PNS bagi Analis Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) Angkatan I dan Pengelolaan Website dan Media Sosial bagi Pranata Humas Angkatan II yang diselenggarakan Pusdiklat Tenaga Administrasi akan berlangsung dari 15-28 Maret 2024. Diikuti masing-masing 30 orang peserta, Pranata Humas, Pengelola Kehumasan, ASDMA yang  berasal dari Kanwil Kemenag Prov, KanKemenag Kota/Kab, dan PTKN se-Indonesia. (RS/sri)

   

 

Penulis: Rahmi Siregar
Sumber: Rahmi
Editor: Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI