Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
Lantik Kaban dan 4 Pejabat Eselon I, Ini Pesan Menag Yaqut
Foto: Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag

Lantik Kaban dan 4 Pejabat Eselon I, Ini Pesan Menag Yaqut

Jumat, 16 September 2022
Kategori : Berita
64 kali dibaca

Jakarta (Balitbang Diklat)---Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melantik Prof. Suyitno sebagai Kepala Badan (Kaban) Litbang Diklat yang baru menggantikan Prof. Abu Rokhmad. Selain Kaban, Menag juga melantik empat pejabat setingkat Eselon I di lingkungan Kementerian Agama.

Prosesi pelantikan berlangsung di Auditorium H.M. Rasjidi Kantor Kementerian Agama RI, Jalan M.H. Thamrin 6 Jakarta Pusat, Jumat pagi (16/9/2022).

Kepada pejabat yang dilantik, Menag Yaqut berpesan dan menekankan agar memegang teguh sumpah jabatan yang baru saja diucapkan berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing.

“Saudara-saudari dipromosikan dan dipilih setelah melalui serangkaian tahapan seleksi, uji kompetensi, dan penilaian akhir yang melibatkan unsur eksternal di luar Kementerian Agama sehingga keputusan yang ditetapkan lebih objektif, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Menag Yaqut kepada lima pejabat yang dilantik.

“Saya minta agar bekerja dengan penuh dedikasi dan menjadi teladan bagi lingkungan kerja dan masyarakat,” sambung GusMen, sapaan akrabnya.

GusMen berpesan kepada para pejabat tersebut untuk menghindari segala perbuatan dan tingkah laku yang bertentangan dengan aturan hukum, ajaran agama, dan nilai-nilai moral. Ia mengingatkan agar para pejabat terus menjaga integritas, nama baik pribadi, dan institusi dalam setiap langkah yang diambil.

“Sebagai pejabat dan Aparatur Sipil Negara, kita harus bisa menempatkan kepentingan untuk menjaga kesatuan bangsa dan negara serta kerukunan antarumat beragama di atas kepentingan kita pribadi, kelompok, maupun golongan,” pesan Gus Yaqut.

Menag Gus Yaqut juga meminta kepada segenap keluarga besar Kemenag untuk melangkah dalam satu barisan yang solid, yaitu barisan Kementerian Agama Republik Indonesia, bukan dalam barisan kelompok, golongan, atau yang lain sebagainya.

Dari mana pun latar belakang tempat tugas dan pengabdian sebelum ini, lanjut GusMen, para pejabat tersebut diminta agar semua berpikir atas kepentingan nasional, bukan hanya parsial untuk memahami dan menjalankan setiap kebijakan dan program-program di Kemenag.

“Seluruh pejabat di Kemenag harus mampu berpikir prediktif dan solutif serta memiliki kompetensi sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing,” tegas Gus Yaqut.

Di samping itu, kompetensi juga penting dibarengi dengan karakter dan kesetiaan pada prinsip moral, kebenaran, kejujuran, dan keadilan. “Saudara berlima dipilih karena dianggap memiliki nilai-nilai ini,” tandas pria kelahiran Rembang, Jawa Tengah, 4 Januari 1975 ini.

Adapun lima calon pejabat Eselon I yang dilantik oleh Menag Gus Yaqut adalah sebagai berikut:

1.      Suyitno (Kaban Litbang dan Diklat)

2.      Faisal (Irjen)

3.      Jeane Marie Tulung (Dirjen Bimas Kristen)

4.      I Nengah Duija (Dirjen Bimas Hindu)

5.      Supriyadi (Dirjen Bimas Buddha)

Dalam pelantikan tersebut, Sekjen Kemenag Prof. Nizar Ali dan Dirjen Pendidikan Islam Prof. M. Ali Ramdhani didaulat sebagai saksi penandatanganan berita acara.

Wakil Menag Zainut Tauhid Sa'adi beserta sejumlah pejabat Eselon I hadir menyaksikan pelantikan ini. Selain itu, hadir juga para staf khusus, staf ahli, dan tenaga ahli Menteri Agama, serta pejabat Eselon II di lingkungan Kemenag RI. []

Ova/diad


Sumber :

Penulis : Mustofa Asrori

Editor : Dewindah

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP