Pameran Buku Meriahkan Ekspose Hasil Kelitbangan Dan Kediklatan

3 Nov 2020
Pameran Buku Meriahkan Ekspose Hasil Kelitbangan Dan Kediklatan

Bekasi (3 November 2020) Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama berpartisipasi memeriahkan pameran dalam acara Ekspose Hasil Kelitbangan dan Kediklatan di Hotel Santika Premiere, Bekasi. Kegiatan bertujuan untuk mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan kediklatan.

“Hasil penelitian dari Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, selain dimanfaatkan oleh kalangan internal, juga harus didiseminasikan baik secara nasional maupun internasional. Hasil penelitian tersebut juga harus bisa diakses dengan mudah,” ujar Menteri Agama saat membuka acara, Selasa (03/11).

Salah satu bentuk diseminasi hasil-hasil penelitian dan kediklatan adalah melalui pameran buku. Pameran buku kali ini juga dimeriahkan oleh stan dari Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan, Puslitbang Penda, Puslitbang LKKMO, LPMQ, BLA Jakarta, BLA Semarang, dan BLA Makassar.

Stan dari Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama mempublikasikan buku-buku tentang agama dan layanan keagamaan, pendidikan agama dan keagamaan, jurnal-jurnal, serta majalah litbangdiklat. Buku-buku tersebut didistribusikan kepada para pengunjung stan pameran secara gratis.

Kamus Istilah Keagamaan dan Direktori Aliran, Faham, dan Gerakan Keagamaan di Indonesia menjadi koleksi yang diharapkan dapat didistribusikan oleh pengunjung. Namun, buku-buku tersebut saat ini hanya sebagai display saja mengingat koleksi di Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat sangat terbatas. Sedangkan buku yang menjadi incaran para pengunjung salah satunya adalah terbitan dari Litbangdiklat Press.

“Buku-buku ini sangat menarik dan akan saya jadikan sebagai koleksi di Perpustakaan BDK Denpasar agar koleksinya semakin lengkap,” ujar Kepala BDK Denpasar sembari memilih buku-buku.

Selain buku, Perpustakaan Badan Litbang dan DIklat Kementerian Agama juga membagikan suvenir seperti mug, kaos, dan payung. Suvenir tersebut dibagikan kepada para pengunjung yang telah menjadi followers media sosial @perpuskemenagri dan telah menginstall aplikasi Eperpus Litbang Diklat. Melalui aplikasi tersebut, selain sebagai katalog online, pengguna juga dapat membaca koleksi perpustakaan secara digital.

Pengunjung stan pameran merupakan para peserta undangan acara Ekspose Hasil Kelitbangan dan Kediklatan dari Kementerian Lembaga, Kedutaan Besar, Perguruan Tinggi Umum dan Agama, Organisasi Masyarakat (ORMAS) Keagamaan, dan Unit Eselon I Kementerian Agama. Pengunjung maupun petugas stan pameran diwajibkan menjalankan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker dan menggunakan hand sanitizer, mengingat pandemi Covid-19 masih belum mereda.[]

NR/diad

Penulis: Nur
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI