Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
Puslitbang LKKMO Merilis Video Mini Series dan Podcast Karya Riset

Puslitbang LKKMO Merilis Video Mini Series dan Podcast Karya Riset

Kamis, 30 September 2021
Kategori : Pengumuman
2126 kali dibaca

Jakarta (Balitbang Diklat). Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Balitbang Diklat Kementerian Agama RI resmi merilis Video Mini Series dan Podcast Karya Riset. Program ini diluncurkan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat acara pembukaan Dialog Budaya Keagamaan Nusantara di Cirebon (25/9/2021).

Gusmen Yaqut menyampaikan bahwa harmonisasi agama dan budaya merupakan warisan leluhur kita yang diprakarsai oleh para Walisongo, yang tentunya tidak diragukan lagi dalam hal usaha penyebaran agama Islam di Indonesia.

"Dialektika antara budaya dan agama mengajarkan kepada kita bahwa sikap saling mengerti, saling menghargai, saling menghormati, adalah pilihan yang paling tepat dalam membangun masyarakat yang beradab, toleran dan harmonis berbasiskan pada nilai agama dan kearifan lokal," ujar menteri yang biasa disapa Gus Yaqut tersebut.

Gus Yaqut mengapresiasi langkah Puslitbang LKKMO yang telah membuat karya tersebut, sehingga pesan-pesan baik dalam hasil penelitian bisa disampaikan kepada publik secara lebih luas lagi.

Proyek yang mengangkat tema  "Ekspresi Islam dalam Budaya Nusantara" ini memiliki 6 episode untuk video mini series dan 5 judul podcast. Lewat Lektur Podcast itu, para peneliti menceritakan pengalaman asyiknya selama menekuni dan meneliti bidang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi

Kapuslitbang LKKMO Arskal Salim mengatakan cerita-cerita dalam video series ini diambil dari karya riset Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi.  "Dengan visualisasi melalui video series ini akan ditunjukkan wajah kultural Islam Indonesia yang moderat, terbuka, dan toleran serta menghargai perbedaan; wajah Islam yang mengakar kuat dalam tradisi lokal,” Ungkapnya.

Video mini series dan podcast karya riset ini bisa #SahabatReligi tonton di channel YouTube Puslitbang LKKMO, rencananya akan diupload secara berkala tiap harinya.[]

Cepi/diad


Sumber :

Penulis : Cepi H

Editor : Dewindah

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP