Sarasehan Pelatihan Kepemimpinan Administrator

2 Feb 2023
Sarasehan Pelatihan Kepemimpinan Administrator
Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi, Syafi’i, dalam Kegiatan Sarasehan Pelatihan dalam rangka persiapan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) di Hotel Mercure Simatupang Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2023).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Tim Kerja Penyelenggaraan Pelatihan Struktural dan Fungsional Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama menyelenggarakan Kegiatan Sarasehan Pelatihan dalam rangka persiapan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) di Hotel Mercure Simatupang Jakarta Selatan dari 2 sampai 3 Februari 2023.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Syafi’i, didampingi Ketua Tim Kerja Penyelenggaraan Pelatihan Struktural dan Fungsional, Deden Wahyudin. Syafi’i mengatakan Sarasehan Pelatihan Kepemimpinan ini merupakan bagian dari rangkaian awal Pelatihan Kepemimpinan Administrator.

“PKA tahun ini dilaksanakan sebanyak empat angkatan. Dua angkatan di Pusdiklat (13 Februari-8 Juni 2023 dan 2 Mei-30 Agustus 2023), satu angkatan di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Jakarta (20 Februari-15 Juni 2023), dan satu angkatan di BDK Makassar (8 Mei-30 Agustus 2023),” ujar Syafi’i di Hotel Mercure Simatupang Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2023).

Tujuan kegiatan ini, lanjut Syafi’i, ialah untuk menyiapkan pelaksanaan teknis Pelatihan Kepemimpinan Administrator. 

“Penyiapan di antaranya penentuan pengampu materi, baik Muatan Teknis Substansi Lembaga (MTSL) maupun materi tiap-tiap agenda 1-4, menentukan lokus studi lapangan, coach, pengoperasian LMS Pintar LAN bagi PIC, narasumber, coach dan penguji, serta hal-hal lain terkait pelaksanaan PKA,” terangnya.

Skema pelaksanaan PKA sekarang, kata Syafi’i, berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya yang berdampak kepada anggaran. “Semua tim kerja yang terkait harus saling berkoordinasi demi kelancaran pelaksanaan PKA,” pungkasnya.

Hadir sebagai narasumber Analis Kebijakan Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN-LAN RI Muhammad Rezky Aditya Ardiyan dan  Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis dan Sosial Kultural ASN Lembaga Administrasi Negara (LAN) Caca Syahroni.

Kegiatan ini diikuti 25 orang terdiri dari Pusdiklat Tenaga Administrasi 23 orang, Balai Diklat Keagamaan satu orang, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) satu orang. (RS/sri/bas)

   

 

Penulis: Rahmi
Editor: Sri Hendriani/Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI