Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
Sesban Muharam: Kerukunan Kunci Moderasi Beragama

Sesban Muharam: Kerukunan Kunci Moderasi Beragama

Jumat, 25 November 2022
Kategori : Berita
87 kali dibaca

Pasaman (Balitbang Diklat)---Sekretaris Badan (Sesban) Litbang dan Diklat Kemenag Muharram Marzuki mengatakan sikap rukun merupakan salah satu kunci terwujudnya moderasi beragama. Hal ini disampaikan saat didaulat sebagai narasumber pada Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama, yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang, dari 21 s.d. 26 November 2022, di Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

“Indonesia diciptakan sebagai negeri yang kaya sumber daya, agama, suku bangsa, dan berbagai paham agama. Maka, perlu kerukunan dan saling memuliakan,” kata Sesban di Pasaman, Kamis (24/11/2022).

Pada dasarnya, lanjut Sesban, setiap agama mengajarkan untuk menjadi moderat, hal yang tidak moderat itu oknumnya bukan agamanya. Maka, jangan menjadikan agama sekadar simbol belaka tetapi tidak dipakai.

“Al-Qur’an jangan hanya menjadi simbol yang dipajang saja, harus dibaca agar menjadi berguna, demikian pun peci. Baru ada fungsinya jika dipakai. Jika agama hanya dijadikan simbol, maka agama itu akan menjadi kering,” ujarnya.

Sesban menggarisbawahi, arti moderasi beragama itu tak bermaksud mempengaruhi untuk berpindah ke agama tertentu, melainkan memiliki rasa toleransi atas hak setiap orang, untuk memilih keyakinannya sendiri.

“Sebagi ASN Kementerian Agama bukan Kementerian Agama Islam, harus menjadi pelopor dalam moderasi beragama. Dengan demikian, antar umat beragama perlu saling menghargai, sehingga moderasi beragama muncul dari hati setiap umat beragama,” pungkasnya.

Tampil sebagai narasumber sejumlah widyaiswara dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Barat Dr. Helmi. Kegiatan ini diikuti 30 peserta dari unsur guru madrasah dan penyuluh agama. (fitria/barjah/bas)

 

 

 


Sumber : BDK Padang

Penulis : Fitria

Editor : Barjah/Abas

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP