Sukabumi Sambut Baik Al-Quran Terjemahan Bahasa Sunda

29 Des 2023
Sukabumi Sambut Baik Al-Quran Terjemahan Bahasa Sunda
Kunjungan tim Puslitbang LKKMO ke Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi di Jalan Taman Bahagia No. 32 Kota Sukabumi, Jumat (29/12/2023).

Sukabumi (Balitbang Diklat)---Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Balitbang Diklat Kementerian Agama gencar menyosialisasikan berbagai produk unggulannya ke berbagai institusi dan organisasi kemasyarakatan. 

 

Kali ini, tim Puslitbang LKKMO dipimpin Fatimah, Maudy, dan Elih memperkenalkan Al-Qur'an terjemahan bahasa Sunda ke Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi di Jalan Taman Bahagia No. 32 Kota Sukabumi, Jumat (29/12/2023).

 

Menurut Fatimah, sejauh ini Puslitbang LKKMO sudah melaksanakan penerjemahan Al-Qur’an ke dalam 26 bahasa daerah. Tujuan program ini adalah sebagai upaya pelestarian bahasa daerah, sejalan dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. 

 

“Proses penerjemahan Al-Qur’an ke dalam bahasa daerah ini, melibatkan banyak pihak. Bersinergi dengan para akademisi, tokoh agama, tokoh adat, dan lembaga pelestarian bahasa daerah setempat,” ujar Fatimah.

 

Fatimah juga menambahkan bahwa untuk Al-Qur’an Terjemahan Bahasa Sunda ini sudah tersedia dalam versi digital. Bisa dibuka melalui aplikasi Quran Kemenag dari playstore, lalu dalam pengaturan pilih tampilan terjemahannya bahasa Sunda. 

 

Senada dengan Fatimah, Humas Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi Fitra Nurjaman yang menyambut tim Puslitbang LKKMO juga mengungkapkan keresahannya. “Betul memang di zaman sekarang, penggunaan bahasa daerah dan jumlah kosa kata yang digunakan menurun, terlebih di kalangan anak muda, sudah bercampur dengan bahasa Indonesia,” tutur Fitra. 

 

Kemenag Kota Sukabumi sangat mendukung dan menyambut baik Al-Qur’an Terjemahan Bahasa Sunda ini. Pihaknya akan segera menyosialisasikan ke seluruh masyarakat di wilayah Kota Sukabumi. “Sosialisasi pertama akan disampikan ke para Penyuluh Agama Islam di lingkungan Kota Sukabumi, karena ini pasti akan bermanfaat sekali,” pungkasnya. (Maudy Mishfanny/Barjah/bas)

   

 

Penulis: Maudy Mishfanny
Sumber: Puslitbang Lektur
Editor: Barjah dan Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI