Evaluasi Pasca PKA Pastikan Implementasi Proyek Perubahan Tetap Berkelanjutan

29 Apr 2024
Evaluasi Pasca PKA Pastikan Implementasi Proyek Perubahan Tetap Berkelanjutan
Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Syafi’i, pada pembukaan Evaluasi Pasca Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XII dan XIII di Bali secara daring, Minggu (28/4/2024).

Bali (Balitbang Diklat)---Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Syafi’i, mengatakan evaluasi adalah bagian dari siklus kerja sebuah organisasi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga implementasi dan evaluasi.

 

“Dari evaluasi diharapkan apa yang sudah direncanakan kemudian dilaksanakan, apakah memuaskan, kurang atau gagal dalam implementasi aksi perubahan jangka menengah,” ujarnya.

 

Syafi’i mengatakan hal tersebut pada pembukaan Evaluasi Pasca Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XII dan XIII di Bali secara daring, Minggu (28/4/2024).

 

Syafi’i juga mengingatkan dari hasil evaluasi pasca PKA perlu perbaikan input, proses maupun tindak lanjut. Evaluasi jangan semata hanya prosedural, tapi juga benar-benar sampai ke substansi.

 

“Oleh karena itu, kehadiran peserta di Bali akan dievaluasi oleh tim evaluator, tahapan aksi perubahan memasuki jangka menengah sampai jangka panjang,” terang Syafi’i. 

 

Syafi’i mengatakan beberapa peserta PKA telah pindah tugas, apakah aksi perubahan masih berjalan, apakah tim efektifnya komitmen melaksanakan tindak lanjut dari target aksi perubahan? Dampak dari hasil perubahan apakah untuk organisasi atau masih hanya untuk alumni? Jika sudah berdampak bagi organisasi maka tanpa pengawalan tetap komitmen dilaksanakan oleh tim unit kerja masing-masing, karena telah mendapat dukungan mentor sebagai atasan langsung atas dampak positif kinerja organisasinya.

 

“Dalam never ending process belajar yang tiada henti, masukan dan usulan bahkan kritik yang tajam dijadikan bagian dari proses pembelajaran,” tegas Syafi’i.

 

Kepala Balai Diklat Keagamaan Denpasar Suyatno sebagai tuan rumah sekaligus alumni peserta PKA Angkatan XII mengatakan kegiatan ini menjadi ajang yang sangat baik terlebih dengan lokasi Bali yang sudah direncanakan semenjak pelaksanaan pelatihan. 

 

“Bali merupakan tempat pilihan pelaksanaan evaluasi pasca pelatihan, dengan ciri has beragama dan beradat,” katanya.

 

Kegiatan Evaluasi Pasca PKA dilaksanakan secara hybrid dari 28-30 April 2024  bertempat di Aston Kuta Hotel and Residence Jl. Wana Segara 2-5 Kuta, 80361 Bali. Peserta berjumlah 78 orang, 35 ikut secara klasikal dan 45 orang secara online. (Siti Kusriyah/sri/RS)

   

 

Penulis: Siti Kusriyah
Sumber: Rahmi
Editor: Sri Hendriani dan Rahmi Siregar
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI