Kaban Suyitno: Jangan Diam, Publik Harus Tahu

9 Des 2022
Kaban Suyitno: Jangan Diam, Publik Harus Tahu

Bogor (Balitbang Diklat)---Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia (Kaban) Prof. Suyitno mengimbau agar selalu memublikasikan kinerja pada setiap satker Balitbang Diklat.

Imbauan tersebut disampaikan Kaban Suyitno saat memberikan arahan pada Bimbingan Teknis Penulisan Berita Website Badan Litbang dan Diklat di Bogor, Kamis (8/12/2022). Menurutnya, berita yang ditulis merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada publik terkait hal yang sudah dan akan dilakukan oleh Badan Litbang dan Diklat Kemenag.

“Penting sekali bagi kita untuk terus memublikasikan sekecil apapun progres yang sudah dilakukan, sebab hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab kita terhadap publik. Jangan diam saja, publik harus tahu kinerja kita,” ujar Kaban Suyitno.

Lebih lanjut, Kaban Suyitno memberikan tips penulisan berita yang bermutu dan layak dikonsumsi publik. Ia memaparkan beberapa syarat agar berita yang dihasilkan bermutu.

“Pertama, berita tersebut harus sesuai dengan fakta, bukan berita bohong (hoax). Kedua, penulis harus jeli memilih angle atau sudut pandang yang menarik untuk diangkat ke publik,” paparnya.

Tips ketiga, lanjut Kaban, berita harus berasal dari sumber yang terpercaya.  “Selain hal di atas, berita harus bersifat kekinian dan netral. Terakhir, berita perlu didukung gambar yang menarik, serta diarahkan pada sasaran pembaca yang tepat,” ungkapnya.

Ke depan, Kaban berharap berita-berita yang ditulis bisa lebih banyak dimuat di berbagai media mainstream nasional.

“Saya berharap ke depan akan lebih banyak lagi berita yang dimuat di media mainstream nasional agar menambah peluang keterbacaan berita. Selain itu, media mainstream merupakan media yang paling banyak dipercaya oleh publik,” pungkasnya.[]

Cepi/diad

Penulis: Cepi Hermawan
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI