Ekspos Produk Kelitbangan di Kota Seribu Masjid

27 Mei 2022
Ekspos Produk Kelitbangan di Kota Seribu Masjid

Mataram (Balitbang Diklat)---Badan Litbang dan Diklat memperkenalkan hasil-hasil penelitian dan kediklatan kepada masyarakat Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Kegiatan ini diselenggarakan pada Ekspos Produk Kelitbangan: Jurnal Analisa dan Jurnal Smart yang diselenggarakan oleh Balai Litbang Agama (BLA) Semarang pada 23 s.d. 25 Mei 2022.

Kegiatan menghadirkan delapan stan yang diisi oleh BLA Semarang, UIN Mataram, dan Sekretariat Badan Litbang dan Diklat yang diwakili oleh Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat.

Hasil-hasil kelitbangan sangat diapresiasi oleh Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi. Pria yang sering disapa TGB ini sempat membaca beberapa ayat pada Al-Qur’an Terjemahan Bahasa Sasak yang dipamerkan di stan Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat. “Al-Qur’an Terjemahan Bahasa Sasak ini sangat menarik,” ujarnya memuji karya tersebut.

Selain itu, banyak pengunjung kegiatan ekspos yang menyanjung kegiatan tersebut. Para mahasiswa yang memadati stan-stan memberikan apresiasi pada buku-buku dan jurnal yang dipamerkan. Buku-buku dan jurnal sangat menambah wawasan keagamaan mereka terlebih untuk dijadikan bahan rujukan pembuatan tugas kuliah.

“Kegiatan ini memberikan informasi lebih untuk saya. Apalagi stan-stan yang memberi buku dan jurnal. Banyak yang bisa dijadikan referensi untuk tugas kuliah,” ujar Sulaiman mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Mataram.

Pameran ini diisi oleh hasil kelitbangan dan kediklatan berupa buku cetak, buku digital, jurnal, majalah, ensiklopedia dan lain-lain. Bukan hanya memperkenalkan publikasi Badan Litbang dan Diklat, pengunjung juga bisa mendapatkan buku-buku baik tercetak dan digital, kemudian jurnal, majalah dan suvenir yang dibagikan melalui permainan edukatif.

Salah satu pengujung, Lita, mengatakan ekspos kelitbangan sangat bermanfaat. “Tiga hari yang bermanfaat, acaranya luar biasa banget. Banyak ilmu, buku, dan hadiah yang bisa kita bawa pulang,” ujarnya.

Ekspos Hasil Kelitbangan dan Kediklatan yang diselenggarakan oleh BLA Semarang merupakan rangkaian ke-2 yang sebelumnya telah diselenggarakan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan menghadirkan beberapa pembicara yang berasal dari penulis artikel di Jurnal Smart, dosen Universitas Wahid Hasyim Semarang, dan dosen UIN Mataram.[]

Luki/diad

Penulis: Luki
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI