Langkah Maju! Balitbang Diklat Menuju Corporate University

26 Apr 2024
Langkah Maju! Balitbang Diklat Menuju Corporate University
Kepala Badan Litbang dan Diklat Suyitno di Surabaya, Kamis (25/4/2024). Kaban Suyitno pada Sosialisasi KMA 75 Tahun 2024 dan Penyusunan Juknis Pemanfaatan dan Optimalisasi Aplikasi Simdiklat di Surabaya, Kamis (25/4/

Surabaya (Balitbang Diklat)---Dalam rangka memenuhi kebutuhan SDM yang kompeten dan berkualitas, Balitbang Diklat Kementerian Agama RI siap melakukan transformasi menuju Corporate University (Corpu). Konsep Corpu ini akan berlandaskan pada kebutuhan korporasi atau kebutuhan institusi secara keseluruhan.

 

Hal ini disampaikan Kepala Balitbang Diklat Kementerian Agama RI, Suyitno. Menurutnya, dengan tingkat kompleksitas yang tinggi dalam varian SDM di Kementerian Agama, Corpu akan memungkinkan untuk memetakan kebutuhan pelatihan yang tepat sesuai dengan cita-cita dan tujuan lembaga.

 

Perbedaan prinsip antara pelatihan berbasis Corpu dengan pelatihan konvensional sangatlah mencolok. “Jika sebelumnya pelatihan lebih fokus pada kebutuhan individu, kini akan dipusatkan pada kebutuhan institusi secara keseluruhan. Dengan demikian, melalui Corporate University, Kemenag akan dapat mengetahui dengan lebih jelas jenis pelatihan apa yang dibutuhkan,” ujar Suyitno di Surabaya, Kamis malam (25/4/2024).

 

Dalam upaya mendukung transformasi ini, terdapat beberapa tingkatan Corporate University yang diusulkan. Pertama, pelatihan yang berlangsung di pusat pelatihan dan menghasilkan sertifikasi. Kedua, pengembangan manajerial untuk meningkatkan kompetensi manajerial, dan ketiga, konsep kursus kredit yang dapat menghasilkan degree ataupun non-degree.

 

Namun demikian, perlu dipahami perbedaan antara Corporate University dengan Pusdiklat. Pusdiklat lebih reaktif, berfokus pada kebutuhan operasional korporasi secara spesifik. Sementara Corpu lebih bersifat proaktif dalam menyesuaikan diri dengan tantangan yang ada.

 

“Dari segi peran, Diklat Kemenag lebih berorientasi pada pengembangan SDM, sementara Corpu akan fokus pada manajemen sumber daya manusia yang berkaitan langsung dengan target-target bisnis atau program institusi,” tutur Suyitno.

 

Pada tahun 2024, fokus Kemenag adalah pada pencapaian mileston ASN (Aparatur Sipil Negara), yang merupakan dampak dari pelaksanaan pelatihan yang diberikan.” Sasaran ASN menjadi fokus utama Corporate University di tahun ini,” pungkasnya.

 

Terakahir, sebagai hasil pertemuan strategis, Kemenag berkomitmen untuk menyusun naskah akademik Corporate University yang akan menetapkan mileston dan fokusnya untuk mencapai tujuan transformasi yang diinginkan. (Barjah/bas/sri)

Penulis: Barjah
Sumber: Barjah
Editor: Abas/Dewi Indah/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI