Bedah Buku Kisah Nabi dan Arkeologi Al-Qur’an, Waryono: Temuan Ilmiah Menambah Keyakinan pada Al-Qur’an

31 Okt 2022
Bedah Buku Kisah Nabi dan Arkeologi Al-Qur’an, Waryono: Temuan Ilmiah Menambah Keyakinan pada Al-Qur’an

Jakarta (Balitbang Diklat)---Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) melaksanakan kegiatan bedah buku tentang kisah dan tinggalan umat masa lalu. Buku yang dibedah, yakni Arkelogi Al-Qur’an karya Ali Akbar dan Kisah Para Nabi Pra-Ibrahim yang disusun oleh Tim Penulis dari LPMQ.

Acara yang berlangsung secara hybrid dibuka oleh Plt. Kepala LPMQ, Prof. Waryono. Selain menghadirkan Ali Akbar, bedah buku juga menghadirkan Prof. Hery Harjono sebagai pembanding.

“Menjelaskan isi kandungan Al-Qur’an merupakan dorongan dari Rasulullah kepada manusia yang mempunyai tugas, litubayyina linnasi. Tugas tersebut bukan hanya tugas para ulama, namun juga yang lainnya termasuk para ilmuan dengan disiplin keilmuannya masing-masing,” ujar Waryono saat membuka acara bedah buku secara resmi di Jakarta, Senin (31/10/2022).

Lebih lanjut, Waryono mengatakan 80% Al-Qur’an berisi kisah-kisah terkait temuan-temuan artefak umat masa lalu. Kebenaran berbagai kisah tersebut dipertanyakan oleh sebagian kalangan.

Terlepas dari itu, banyak ilmuan yang mencoba membuktikannya. Misalnya tentang kisah pemuda Ashabul-Khafi, kisah Nabi Nuh dengan perahunya, dan lainnya. Kajian-kajian seperti ini tidak pernah berhenti dilakukan para ilmuan yang menjadi salah satu bukti akan kemujizatan Al-Qur’an.

Ali Akbar mengatakan Buku Arkelogi Al-Qur’an mendapat inspirasi dari karya-karya tafsir ilmi yang diterbitkan LPMQ, khusunya pada tafsir tentang peninggalan umat masa lalu. “Secara metodologi buku ini mengadopsi apa yang dilakukan LPMQ, seperti melakukan kolaborasi dengan sejumlah pakar tafsir yang kemudian dipadukan dengan temuan-temuan artefak sebagai penjelas.

Pada kesempatan yang sama, Hery Harjono penulis Kisah Para Nabi Pra Ibrahim menjelaskan bahwa kisah-kisah nabi masa lalu jejaknya dapat dilihat pada sejumlah peninggalan yang bisa dibuktikan secara arkeologis maupun geologis. Dengan demikian kisah-kisah tersebut menjadi bukti kebenaran Al-Qur’an adalah wahyu dari Allah Swt. dan Muhammad saw. sebagai nabi. []

Must/diad

 

Penulis: must LPMQ
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI