Evaluasi Guna Meningkatkan Mutu Pelatihan

18 Apr 2023
Evaluasi Guna Meningkatkan Mutu Pelatihan

Jakarta (Balitbang Diklat)---Evaluasi adalah proses yang mengkaji secara kritis suatu program, aktivitas, kebijakan, atau semacamnya. Hal ini melibatkan pengumpulan informasi tentang kegiatan dan hasil program. Tujuannya untuk membuat penilaian tentang suatu program, meningkatkan efektivitasnya, dan untuk pertimbangan keputusan.

Pusdiklat memiliki tanggung jawab untuk memberikan pembinaan di Balai Diklat Keagamaan (BDK) yang ada di Indonesia. Jangan sampai sebagai pembina, Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki tidak lebih baik dari mereka yang dibina.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Syafi'i saat  memberikan arahan pada kegiatan Fullday Reviu dan Evaluasi Komponen Perencanaan Anggaran Kediklatan, Evaluasi Penyelenggaraan Pelatihan Teknis dan Evaluasi Pasca Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) di Hotel Kristal Terogong Jakarta Selatan.

"Misalnya dari ketersediaan widyaiswara utamanya, di Pusdiklat hanya ada satu sementara di BDK ada yang punya lebih dari satu," kata Syafi'i pada Senin (17/4/2023).

"Ini kondisi yang terbalik, institusi pembina secara kelembagaan tidak lebih baik dari yang dibina," tambahnya.

Padahal menurut Syafi'i kebutuhan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) membutuhkan widyaiswara utama lebih dari satu. "Meskipun sudah terakreditasi, kalau kesediaan widyaiswara utama kita tidak bertambah, berarti lagi-lagi kita masih banyak bergantung kepada widyaiswara di luar pusdiklat," ujar Kapus

"Ketersediaan widyaiswara akan berdampak pada berbagai kegiatan PKN, pelatihan teknis administrasi, pelatihan funsional administratif," jelas Kapus Syafi'i.

Oleh karena itu Syafi'i berpesan  agar membuat perencanaan  harus  berbasis pada kondisi faktual seperti SDM, sumber dananya dan seluruh infrastruktur yang ada.

Kapus juga menyinggung tentang pelatihan teknis yang harus diselenggarakan apa saja. "Buat matrik dari tingkat kebutuhan, mana paling dibutuhkan, dibutuhkan, kurang dibutuhkan sehingga kita bisa optimalkan dana yang ada," pesan Kapus.

"Sebisa mungkin kita tetap menjaga dan meningkatkan kualitas layanan PKA baik dari segi konten, keterjaminan kualitas penyelenggaraan, bahkan fasilitas pelatihannya utk menuju mutu yang lebih baik," tutupnya.

Kegiatan ini  berlangsung tanggal 17 April 2023 dan tanggal 17 s.d 18 April 2023 diikuti oleh seluruh ASN Pusdiklat Tenaga Administrasi dan dari K/L lain.

 Hadir juga pada kesempatan ini Kabag TU Nilam Nur Azizah.

(RS/diad)

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI