Kuasai Kemampuan Manajerial, Calon Kepala Madrasah Harus Bisa Mengelola Semua Potensi

7 Jul 2023
Kuasai Kemampuan Manajerial, Calon Kepala Madrasah Harus Bisa Mengelola Semua Potensi
Pelatihan Calon Kepala Madrasah yang dise;enggarakan Loka Diklat Keagamaan Lampung.

Lampung (Balitbang Diklat)---Kepala Madrasah harus memiliki kemampuan mengelola semua potensi madrasah, termasuk kemampuan manajerial di seluruh aspek.

Kepala Badan Litbang dan Diklat (Kaban) Prof. Suyitno menyampaikan hal tersebut saat memberikan materi pada Pelatihan Calon Kepala Madrasah Provinsi Lampung. Kegiatan digelar Loka Diklat Keagamaan Lampung, 3-8 Juli 2023.

“Salah satu kemampuan manajerial yang harus dimiliki kepala madrasah yaitu pengelolaan pada bidang wirausaha, seperti menghidupkan koperasi dan membangun jejaring dengan semua pihak,” ujar Kaban Suyitno di Lampung, Kamis (6/7/2023).

Menurut Kaban, agar menjadi madrasah yang lebih kreatif, para calon kepala madrasah juga harus mengetahui tren-tren manajerial yang dibutuhkan di masa depan. “Hal ini mendukung para pemimpin menjadi visioner. Selain itu, membangun reviu atas semua yang telah dilakukan sebagai bentuk evaluasi,” kata Guru Besar UIN Raden Fatah ini.

Senada Kaban, Kepala Loka Diklat Keagamaan Lampung Agus Apriansyah mengatakan bahwa rangkaian pelatihan tersebut merupakan bentuk gebrakan bagi calon kepala madrasah agar lebih siap menjadi pemimpin yang revolusioner dan inovatif.

“Kami berharap pelatihan ini menjadi media untuk mempersiapkan para calon pemimpin madrasah yang inovatif dan berkomitmen tinggi,” pungkasnya.

Pelatihan luring merupakan bagian dari In-Service Training I dengan empat tahapan Pelatihan Calon Kepala Madrasah. Kegiatan dimulai sejak 19 Juni-12 Agustus 2023. Kegiatan merupakan kerja sama antara Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan dengan Loka Diklat Keagamaan Bandar Lampung.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Tenaga Kependidikan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung Roswildan dengan diikuti 37 peserta yang mewakili 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

RA. Mustika/Nurul Amalia/diad

Penulis: Nurul
Sumber: RA Mustika
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI