Kurikulum Silabus Harus Relevan, Efektif, Efisien, dan Tepat Sasaran

16 Mar 2023
Kurikulum Silabus Harus Relevan, Efektif, Efisien,  dan Tepat Sasaran
Kegiatan Penyusunan/Pengembangan Kurikulum Silabus Pelatihan Teknis Administrasi (Tahap Pembahasan/Finalisasi) di Biglang Hotel Bogor, Rabu (15/03/2023).

Bogor (Balitbang Diklat)---Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama melaksanakan kegiatan Penyusunan/Pengembangan Kurikulum Silabus Pelatihan Teknis Administrasi (Tahap Pembahasan/Finalisasi) di Biglang Hotel Bogor, 15-18 Maret 2023.

”Kegiatan ini untuk memperkaya kurikulum Pusdiklat Tenaga Administrasi yang juga akan digunakan oleh seluruh BDK dan Loka dalam penyelenggaraan pelatihan,” ujar Kabag TU Nilam Nur Azizah mengawali sambutannya di Biglang Hotel Bogor, Rabu (15/03/2023).

Nilam Nur Azizah, menyampaikan beberapa hal. Pertama, target penyusunan kurikulum. Sebagaimana SK Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi tahun 2023, ditetapkan jumlah kurikulum silabus 44 judul, terdiri dari 30 judul bersifat pengembangan, dan 14 judul bersifat penyusunan.  

“Ini suatu progress yang baik, penyusunan kurikulum  menjawab kebutuhan pelatihan secara learning, yang massif dan dinamis, dan kita pun harus menyesuaikannya,” jelas Nilam.  

Kedua, poin-poin penting yang disampaikannya dalam pengembangan kurikulum ini

harus mengacu pada prinsip relevan, efektif, efisien, dan tepat sasaran. “Selain itu, juga harus berpedoman kepada tata cara penyusunan kurikulum yang tentunya telah memenuhi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk membangun kompetensi peserta pelatihan yang dihasilkan sebagai target dari kurikulum itu sendiri,” pesan Nilam. 

Kedua amanah Kapus  yang disampaikan melalui kabag TU menjadi critical point dalam kegiatan penyusunan/pengembangan kurikulum silabus pelatihan teknis administrasi yang saat ini memasuki tahap pembahasan dan finalisasi.  

Kegiatan Penyusunan/Pengembangan Kurikulum Silabus Pelatihan Teknis Administrasi (Tahap Pembahasan/Finalisasi) dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Kerja Pengembang Kurikulum dan Konten Pelatihan, Neneng Maria Kiptyah. Peserta berjumlah 45 orang dari Pusdiklat Tenaga Administrasi, UIN Jakarta, LPMA, Pusdatin, Kominfo, BDK Bandung, Pendis, dan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan.(yn/sri)

   

 

Penulis: YN
Editor: Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI