MoU Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Pengangkatan Arsiparis Tingkat Ahli

5 Apr 2023
MoU Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Pengangkatan Arsiparis Tingkat Ahli

Ciputat (Balitbang Diklat)---Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Syafi’i menerima kunjungan kerja Kepala Pusdiklat Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Widarno di Pusdiklat Tenaga Administrasi, Selasa (4/4/2023).

Tujuan kunjungan kerja ini adalah koordinasi penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Pengangkatan Arsiparis Tingkat Ahli Angkatan XI tahun 2023.

Kapus Syafi’i mengungkapkan bahwa pelatihan kearsipan angkatan pertama dilakukan  dengan biaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Angkatan berikutnya akan dibebankan kepada satker masing – masing yang mengirim peserta,” ungkapnya.

“Kita akan melakukan penandatanganan kerjasama diklat kearsipan,” ujar Kapus Syafi’i.

Syafi’i berharap dengan penandatangan kerjasama ini akan secepatnya dilaksanakan diklat kearsipan, agar jabatan fungsional kearsipan yang ada di 4.491 satker Kemenag yang belum mendapatkan kesempatan diklat akan mendapatkan kesempatan tersebut guna menunjang jabatan fungsionalnya. “Dengan kewenangan jaminan mutu tetap di ANRI, Pusdiklat Tenaga Administrasi yang melaksanakannya,” imbuhnya.

“Semoga kerja sama ini tidak sampai di sini tapi terus berlanjut ke tahun – tahun berikutnya dan terus ada perbaikan – perbaikan di dalamnya,” tegas Kapus Syafi’i.

Hal senada juga disampaikan Kapus Widarno. Menurutnya masih banyak PR dalam pelaksanaan diklat kearsipan. “Kami terus berusaha agar semua mendapatkan kesempatan untuk mengikuti diklat,” ujar Widarno.

Menurut Widarno usahaya yang telah dilakukan pihak ANRI adalah menambah jumlah peserta dalam satu kelas, membangun studio pembelajaran, perluasan penyelenggaraan, menciptakan tenaga pengajar baru, dan metode baru

“Semoga ke depannya Kerjasama ini berjalan semakin baik dan semakin banyak perbaikan di bidang kearsipan,” harapnya.

Pertemuan diakhiri dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) Kerja sama serta penyerahan cinderamata.

Hadir pada kesempatan ini Kabag TU Pusdiklat Tenaga Administrasi Nilam Nur Azizah, para Ketua Tim Kerja, para pejabat fungsional, Widyaiswara Madya selaku Ketua Pokja Pelaksanaan dan Kerja Sama Diklat Kearsipan Arih Murwati, Widyaiswara Pertama selaku ketua tim pelaksana DFA Tk. Ahli Angkatan IV dan Angkatan XI Desy Natalia dan Analis Diklat Ilman.

(RS/diad)

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI