Bangun Citra Positif, Humas Kemenag Pegang Teguh Tiga Prinsip

1 Mei 2024
Bangun Citra Positif, Humas Kemenag Pegang Teguh Tiga Prinsip
Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Muhammad Ali Ramdhani di Bandung, Selasa (30/4/2024).

Bandung (Balitbang Diklat)---Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Muhammad Ali Ramdhani mengatakan bahwa peran humas sangat penting dalam membangun citra positif Kementerian Agama di mata masyarakat. Pesan tersebut disampaikannya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kehumasan Kementerian Agama Tahun 2024.

 

Pria yang akrab disapa Kang Dhani ini, menyebut tiga prinsip pokok yang harus dipegang teguh oleh humas Kementerian Agama. Pertama, konten haruslah objektif dan aktual dengan tidak pernah membuat berita bohong.

 

“Kejujuran adalah hal penting, jika ingin membangun kepercayaan dengan masyarakat, maka harus kita awali dengan membuat berita yang jujur. Karena kejujuranlah yang membangun rasa kepercayaan,” ucapnya di Bandung, Selasa (30/4/2024).

 

 

Kedua, lanjut Kang Dhani, ialah coverage. Cakupan informasi harus bisa dilakukan secara luas dan positif. “Menyebarluaskan isu positif dengan luas akan membangun citra instansi yang baik,” katanya.

 

Ketiga, yang perlu diperhatikan agar pesan tersampaikan dengan baik kepada masyarakat adalah frekuensi, dengan terus mengulang-ulang pesan baik. “Ada istilah, pesan buruk yang diulang-ulang akan menjadi kebenaran. Bayangkan, jika kita mengulang pesan baik, pasti akan menimbulkan dampak yang baik juga,” ungkapnya.

 

Ia percaya bahwa penerapan ketiga prinsip ini akan memperkuat kinerja Kementerian Agama. "Humas bukan hanya corong pemerintah, tetapi juga corong bagi masyarakat. Kita harus menciptakan komunikasi timbal balik yang baik," ujarnya.

 

Rakornas Kehumasan ini dihadiri oleh 160 peserta, termasuk pejabat eselon III dan para pranata humas dari unit eselon I, Kanwil Kementerian Agama Provinsi, serta Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). Acara yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, dari tanggal 30 April hingga 3 Mei 2024 ini membahas beragam isu terkait permasalahan kehumasan di Kementerian Agama.

 

Barjah/Diad/Sr

Penulis: Barjah
Sumber: Barjah
Editor: Dewi Indah Ayu/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI