Benchmarking Pusdiklat Aparatur Perdagangan Kementerian Perdagangan ke Pusdiklat Tenaga Administrasi

19 Jan 2023
Benchmarking Pusdiklat Aparatur Perdagangan Kementerian Perdagangan ke Pusdiklat Tenaga Administrasi
Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Syafi’i menerima kunjungan Kepala Pusdiklat Aparatur Perdagangan Kementerian Perdagangan Chandrini Mestika Dewi di ruang kelas Pusdiklat Tenaga Administrasi, Rabu (18/1/202

Ciputat (Balitbang Diklat)---Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Syafi’i menerima kunjungan Kepala Pusdiklat Aparatur Perdagangan Kementerian Perdagangan Chandrini Mestika Dewi beserta jajarannya di ruang kelas Pusdiklat Tenaga Administrasi, Rabu (18/1/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka Benchmarking Pelaksanaan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Proses Penyusunan Kurikulum Silabus Pengenalan Nilai dan Etika.

Kapus Syafi’i menyambut baik kunjungan ini. “Terima kasih atas kunjungan Pusdiklat Aparatur Perdagangan Kementerian Perdagangan, semoga dengan kunjungan ini kita dapat bertukar pengetahuan dan informasi yang bermanfaat untuk kemajuan organisasi kita,” katanya.

“Karena tujuan benchmarking adalah untuk memperluas wawasan dan pengetahuan  dengan membandingkan organisasi/instansi sendiri dan mitra benchmarking yang memiliki excellent service dalam pengelolaan program,” terang Kapus Syafi’i.

Beliau menjelaskan struktur materi orientasi  PPPK yang akan dilaksanakan Kemenag selama 45 JP melalui pembelajaran mandiri melalui Massive Open Online Course (MOOC).

“Sedangkan pelaksanaan orientasi sendiri terbagi dua pertama mengenai pengenalan fungsi dan tugas ASN melalui MOOC tadi yang telah disebutkan serta pengenalan nilai dan etika pada instansi pemerintah melalui klasikal sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi,” papar Kapus.

“Semoga kedepan kerja sama antara Pusdiklat Tenaga Administrasi dan Pusdiklat Aparatur Perdagangan semakin erat dan baik,” harap Kapus.

Pada kesempatan tersebut, Kapus Aparatur Perdagangan Chandrini Mestika Dewi memaparkan profil dari Pusdiklat Aparatur Perdagangan, menyampaikan maksud dan tujuan benchmarking serta memperkenalkan jajarannya yang hadir yaitu para widyaiswara dan pejabat fungsional lainnya.

Hadir juga dalam kesempatan ini Kabag TU Nilam Nur Azizah, para widyaiswara Pusdiklat Tenaga Administrasi, para pejabat fungsional dan hadir  secara daring perwakilan dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung Nanang Suryana, beliau menyampaikan pengalaman pelaksanaan Orientasi PPPK yang telah dilaksanakan pada tahun 2022 di BDK Bandung.

Pada akhir kegiatan benchmarking dilakukan penyerahan cendera mata Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama dan Pusdiklat Aparatur Pegadangan Kementerian Perdagangan.

Basma/RS/diad

Penulis: Basma/Rahmi Miranti
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI