Berbagai Perguruan Tinggi Negeri Berperan Aktif dalam Rakornas Moderasi Beragama

8 Mar 2024
Berbagai Perguruan Tinggi Negeri Berperan Aktif dalam Rakornas Moderasi Beragama
Kaban Suyitno pada kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Moderasi Beragama yang diselenggarakan Balitbang Diklat Kementerian Agama RI, di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Moderasi Beragama yang diselenggarakan Balitbang Diklat Kementerian Agama RI di Jakarta berhasil melibatkan berbagai perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Makassar (UNM), dan Universitas Padjajaran (Unpad) adalah beberapa perguruan tinggi yang turut aktif berpartisipasi dalam forum ini.

 

Tidak hanya perguruan tinggi negeri, tetapi juga perguruan tinggi swasta di bawah Kemendikbudristek dan Kementerian Agama turut serta dalam Rakornas ini, menunjukkan komitmen dunia pendidikan dalam mendukung upaya pemerintah memperkuat moderasi beragama di Indonesia.

 

Dengan tema "Sinergi Memperkuat Moderasi Beragama untuk Indonesia Maju dan Harmoni," para peserta dari berbagai perguruan tinggi berkontribusi dengan gagasan, riset, dan pengalaman lapangan terkait moderasi beragama. 

 

“Kehadiran mereka menjadi momentum penting untuk memperoleh berbagai wawasan dan pemahaman mendalam, sekaligus menunjukkan dukungan terhadap upaya pemerintah dalam mewujudkan kehidupan beragama yang damai dan rukun di Indonesia,” ujar Kepala Balitbang Diklat Suyitno di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

 

Suyitno, menyampaikan bahwa kegiatan ini dihadiri lebih dari 270 peserta dari berbagai kementerian, lembaga pemerintah, serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dari 11 provinsi. "Hal ini menandakan keseriusan dalam menguatkan moderasi beragama sebagai landasan harmoni sosial," ungkap Suyitno. 

 

Partisipasi aktif perguruan tinggi dalam Rakornas ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk memperkuat kerja sama antara dunia akademis dan pemerintah dalam mempromosikan moderasi beragama di tengah masyarakat. (Barjah/bas/sri)

   

 

Penulis: Barjah
Sumber: Barjah
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI