BIBLIOBATTLE, Serunya Ajang Pertarungan Resensi Buku

24 Feb 2021
BIBLIOBATTLE, Serunya Ajang Pertarungan Resensi Buku

Jakarta (23 Februari 2021). Mengawali tahun 2021, Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat (Balitbangdiklat) Kementerian Agama terus bergerak. Suasana pandemi Covid-19 yang belum berakhir bukan alasan untuk tidak melalukan engagement, menyapa pemustaka. Bibliobattle kali ini ini hadir dengan antusisme yang besar dari para followers instagram @perpuskemenagri.

Seperti sudah dipahami bahwa Bibliobattle adalah permainan mereview buku yang dikembangkan oleh Graduate School of Informatics di Universitas Kyoto di Jepang. Permainan ini booming di Jepang sekitar tahun 2013 dan sudah menyebar di seluruh dunia. Orang yang menyajikan buku dalam bibliobattle disebut bibliobattler atau presenter buku.

Permainan Bibliobattle pada awalnya berbentuk kompetisi mereview buku yang telah dibaca dalam waktu terbatas. Review buku disampaikan secara lisan tentang isi buku yang paling menarik supaya audiens juga berkeinginan mengetahui isi lengkap buku yang dimaksud. Bibliobattle mempunyai Motto yaitu: ”Know People through Books, Know Book Through People” (Mengenal orang melalui buku, mengenal buku melalui orang). Namun demikian pelaksanaan di lapangan terdapat beberapa kreasi menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Seperti yang sudah beberapa kali diselenggarakan oleh Perpustakaan Balitbang Diklat, bibliobattle ini berusaha menyapa pengguna meskipun tetap stay@home atau bekerja secara wfh (work from home). Pemanfaatan virtual meeting atau video dengan konten resensi buku menjadi pilihan yang menarik dalam menyiasati keterbatasan kontak  fisik.

Bibliobattle di awal tahun ini ini masih sama dengan seri sebelumnya yakni dibuat dalam bentuk lomba meresensi buku yang direkam dalam video. Peserta bibliobattle dijaring dari follower akun media sosial perpustakaan dengan mengisi link pendaftaran di http://bit.ly/pendaftaran-bibliobattle1. Panitia membuat infografis yang berisi jadwal pelaksanaan bibliobattle yaitu:

16 - 31 Januari 2021 : Pengumpulan Video

3 - 17 Februari 2021 : Penilaian

19 Februari 2021 : Pengumuman Pemenang

 

Video dari peserta bibliobattle akan diunggah di media sosial perpustakaan yaitu:

IG : @perpuskemenagri

FB : Perpustakaan Balitbangdiklat Kemenag RI

Twitter : @PerpusKemenagRI

 

Penilaian video dengan cara LIKE video peserta di postingan media sosial Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat. Peserta yang mendapat LIKE atau  jumlah vote followers terbanyak (IG, FB, Twitter) serta penilaian juri yang meliputi kreativitas video dan kesesuaian penyampaian informasi buku, akan menjadi pemenangnya.

Dalam penjaringan melalui media sosial perpustakaan, terdapat 16 video peserta yang dikirimkan kepada panitia. Semua video peserta dapat diakses pada IGTV @perpuskemenagri untuk mempermudah audiens dalam melakukan LIKE. Ke-16 peserta berasal dari berbagai institusi yang merupakan followers dari instagram @perpuskemenagri. Dari hasil LIKE tersebut terpilih tiga terbaik yaitu: Juara 1 @nsth_az, juara 2: @lailitalitha, dan juara 3: @dianita_snafb serta mendapatkan hadiah dari  Perpustakaan. Peserta lainnya juga mendapatkan hadiah sebagai apresiasi telah berpartisipasi dengan penuh antusis mengikuti bibliobattle ini.

Selama bibliobattle ini diselenggarakan,  antusiasme peserta cukup besar dalam memberikan komentar ataupun mendukung masing-masing kandidatnnya. Harapannya kegiatan ini mampu merangsang keingintahuan dan minat baca audiens mengenai buku yang dibaca atau dipresentasikan melalui video tersebut. Hal ini sesuai dengan tujuan bibliobattle perpustakaan yaitu sebagai media pembudayaan kegemaran membaca.

Bibliobattle menjadi ajang untuk berbagi informasi atau  knowledge sharing,  yang dikemas secara ringan, fun dan enjoy. Kreativitas peserta dalam mengemas konten buku yang dibaca dalam sebuah video yang menarik menjadikan media sosial perpustakaan @perpuskemenagri menjadi atraktif dan interaktif dan serta dekat dengan pengguanya. Semoga pada masa yang akan datang, klub pecinta buku melalui ajang bibliobattle semacam ini terus berkembang dan semakin diminati.[]

HAR/diad

Foto: NUR

Penulis: Hariyah
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI