Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
Buku Moderasi Beragama
(Foto: Biro HDI)

Buku Moderasi Beragama

Selasa, 8 Oktober 2019
Kategori : Artikel Ilmiah
11040 kali dibaca

Jakarta (8 Oktober 2019). Moderasi Beragama adalah proses memahami sekaligus mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, agar terhindar dari perilaku ekstrem atau berlebih-lebihan saat mengimplementasikannya.

Cara pandang dan sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat plural dan multikultural seperti Indonesia, karena hanya dengan cara itulah keragaman dapat disikapi dengan bijak, serta toleransi dan keadilan dapat terwujud.

Moderasi beragama bukan berarti memoderasi agama, karena agama dalam dirinya sudah mengandung prinsip moderasi, yaitu keadilan dan keseimbangan. Bukan agama jika ia mengajarkan perusakan di muka bumi, kezaliman, dan angkara murka. Agama tidak perlu dimoderasi lagi. Namun, cara seseorang beragama harus selalu didorong ke jalan tengah, harus senantiasa dimoderasi, karena ia bisa berubah menjadi ekstrem, tidak adil, bahkan berlebih-lebihan.

Buku ini mengandung pembahasan tentang apa moderasi beragama, mengapa kita memerlukannya, serta bagaimana cara melakukan penguatan dan implementasinya, baik dalam kehidupan pribadi, maupun bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Berikut link Buku Moderasi Agama serta Buku Saku Moderasi Beragama


Sumber :

Penulis : Dewindah

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP