Capacity Building Upaya Transformasi Mindset dan Paradigma Kediklatan

9 Mar 2023
Capacity Building Upaya Transformasi Mindset dan Paradigma Kediklatan

Bandung (Balitbang Diklat)--- Capacity Building adalah rangkaian proses yang dapat meningkatkan kemampuan seseorang, suatu organisasi atau suatu sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan

“Maka saya berharap kegiatan ini dapat mengubah mindset dan paradigma kediklatan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pelatihan,” pesan Staf Ahi Menteri Agama Bidang Hukum dan HAM Kementerian Agama Abu Rokhmad saat memberi arahan pada Pengembangan Kapasitas Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelatihan tahun 2023 di Bandung, Rabu (8/3/2023).

Menurutnya, pengembangan sumber daya manusia salah satunya dengan kediklatan transformasi mindset dan paradigma kediklatan. Bukan sekedar papan - papan nama saja.

 “Bisnis kita adalah pengembangan sumber daya manusia (human resources) oleh sebab itu harus terus melakukan perubahan – perubahan terutama diklat yang kita lakukan, termasuk para widyaiswaranya,” ungkapnya.

Sebelumnya Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Syafi’i dalam laporannya menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan yaitu untuk memberikan motivasi dan informasi terbaru (recharge) terkait rencana pelaksanaan program pengembangan dan pelatihan Pusdiklat Tenaga Administrasi.

Selain itu, kegitan ini akan memberikan informasi dan wawasan terkait budaya kerja pada unit instansi lain di luar Kementerian Agama. “Harapannya, seluruh komponen pegawai Pusdiklat Tenaga Administrasi dapat mengadopsi atau mengembangkannya sesuai kebutuhan,” ungkap Syafii.

Terakhir, capacity building dapat memantapkan semangat bekerja serta memotivasi seluruh komponen. “ASN dan PPNPN diharapkan dapat menyambut serta melaksanakan program kegiatan Pusdiklat Tenaga Administrasi Tahun 2023 secara profesional dan bertanggung jawab demi tercapainya peningkatan kualitas pelayanan publik,” tandasnya.

Kegiatan Capacity Building akan berlangsung dari tanggal 8-11 Maret 2023 dengan diikuti 80 orang peserta yang berasal dari Pusdiklat Tenaga Administrasi, Sekretariat Balitbangdiklat, Biro Umum Sekretariat Jenderal, Balai Diklat Kegamaan Bandung, KanKemenag Kabupaten Bandung dan K/L lainnya yaitu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Hadir pada kesempatan tersebut Staf Ahi Menteri Agama Bidang Hukum dan HAM Kementerian Agama Abu Rokhmad, Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Nurudin, Kabag TU Pusdiklat Tenaga Administrasi Nilam Nur Azizah, dan Kasubbag TU Balai Diklat Keagamaan Bandung Agus Nasihatul Ahyar.

RS/diad

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI