Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
Dimensi Tradisional dan Spiritual Agama Hindu

Dimensi Tradisional dan Spiritual Agama Hindu

Kamis, 27 Februari 2020
Kategori : Kajian Akademis Kehidupan Beragama
929 kali dibaca

Hindu adalah salah satu agama dunia paling tua. Berdasarkan sejarah, India menjadi tempat awal lahir dan tumbuhnya Hindu atau Sanathana Dharma. Kini agama Hindu telah berkembang ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Masuknya Hindu ke Indonesia di awal abad masehi tidak bisa dilepaskan dari peran para Maha Rsi dan keberadaan aliran/ mahzab di dalamnya. 

Namun, perjumpaannya dengan alam nusantara (Indonesia) justru melukiskan indah “wajah Hindu” karena terjadi perjumpaan yang elok antara Hindu dari India dengan sistem kepercayaan, adat istiadat, dan agama lokal yang lebih dulu ada. Kedua titik perjumpaan ini menghasilan unifikasi yang saling melengkapi.

Buku ini akan menggambarkan kembali keberadaaan kelompok keagamaan yang terdapat dalam agama Hindu, baik yang dianggap “bernuansa spiritual” maupun “tradisional”. Dikotomi ini tentu saja tidak selalu tepat karena boleh jadi ada kelompok hybrid yang lahir dari perjumpaan kedua kelompok ini.

Dalam perkembangannya keberadaan kelompok-kelompok keagamaan itu di beberapa daerah di Indonesia mengalami pasang-surut. Namun berdasarkan hasil penelitian dinamika dan pergulatan di antara mereka tidak menghasilkan dampak destruktif, tetapi sebaliknya saling menguatkan.

Lebih lengkapnya, dapat dibaca pada link HINDU.pdf

diad/diad


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP