Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara Kunjungi Perpustakaan Balitbang Diklat

27 Jun 2019
Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara Kunjungi Perpustakaan Balitbang Diklat
Dokumentasi Foto Oleh Lando

Jakarta (26 Juni 2019). Ada yang berbeda dari suasana Ruang Sidang Perpustakaan Balitbang Diklat, Rabu (26/06). Pasalnya hari ini Badan Litbang dan Diklat, khususnya Subbag Perpustakaan menerima kunjungan kerja (kunker) dari Dinas Perpustakaan dan Arsip (DISPUSIP) Provinsi Sumatera Utara.

Kunker dihadiri oleh 22 orang yang terdiri dari para pustakawan berprestasi dan pustakawan teladan tingkat Provinsi Sumatera Utara. Tampak pula beberapa perwakilan pejabat, antara lain Kasi Kelembagaan dan Kerjasama Perpustakaan, Kadis Perpustakaan Kota Tebing Tinggi, Kadis Perpustakaan Kota Medan, dan Kadis Perpustakaan Kota Pematang Siantar.

Pada kesempatan ini, delegasi kunjungan yang diwakili oleh Kepala Dinas Perpustakaan Kota Medan Darusalam Pohan menyampaikan sekapur sirihnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama yang telah berkenan menerima kunjungan kerja dari DISPISIP. Kunjungan ini bertujuan untuk studi banding,” ujar Pohan.

Menyambut sekapur sirih tersebut, Kabag OKH Sujai yang mewakili tuan rumah dengan antusias menerima kunjungan tersebut.

“Perpustakaan Balitbang Diklat menerima dan menyambut dengan tangan terbuka studi banding dari Perpustakaan Provinsi Sumatera Utara. Kami menganggap kunjungan ini sebagai ajang silaturahmi pustakawan terbaik Provinsi Sumatera Utara. Kami berharap pula ada saran dan masukan untuk Perpustakaan Balitbang Diklat ini,” ujar Sujai mengawali sambutannya.

Selanjutnya Sujai menjelaskan secara singkat tentang Perpustakaan Balitbang Diklat, terutama mengenai Kementerian Agama RI. Selain itu, ia pun menjelaskan proses pencetakan dan pentashihan Alquran yang menjadi salah satu tugas dari Kemenag.

Kunjungan ini pun semakin lengkap dengan adanya penjelasan dari Kassubag Perpustakaan Rois Mustofa yang menyampaikan beberapa hal antara lain profil Perpustakaan Balitbang Diklat serta memperkenalkan aplikasi perpustakaan berbasis online melaluismartphone android.

 “Perpustakaan Balitbang Diklat sedang merancang untuk meningkatkan kenyamanan pemustaka, terutama agar perpustakaan semakin ramai pengunjung. Pengembangan ini meliputi membuat corner yang nyaman dan menambah bandwidth WiFi,” kata Rois.

Acara ditutup dengan sesi pertukaran cinderamata dan oleh-oleh serta foto bersama dengan seluruh delegasi. Selain itu, menampilkan pula video profil dan video koleksi Perpustakaan Balitbangdiklat sebagai gambaran umum tentang kondisi fisik dan koleksi perpustakaan.

“Kami berharap kunjungan perpustakaan ini membawa maanfaat yang besar, menjalin kerja sama dan silaturahim diantara keluarga besar perpustakaan Indonesia,” ujar Rois menutup kegiatan. []

 

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI