Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
Dirjen Duija Apresiasi Stand Pameran Moderasi Beragama Balitbang Diklat

Dirjen Duija Apresiasi Stand Pameran Moderasi Beragama Balitbang Diklat

Jumat, 2 Desember 2022
Kategori : Berita
98 kali dibaca

Yogyakarta (Balitbang Diklat)---Pameran Rumah Moderasi Beragama Kementerian Agama yang diisi Unit Eselon I Pusat termasuk Balitbang Diklat diapresiasi Dirjen Bimas Hindu I Nengah Duija. Stand tersebut merupakan bagian dari rangkaian festival Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Seni Keagamaan Tahun 2022 yang diselenggarakan Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI.

Dirjen Duija menyempatkan diri menghampiri stand Pameran Rumah Moderasi Beragama di area festival. Pada kesempatan tersebut, ia memberikan apresiasi terutama kepada unit eselon 1 lainnya yang sudah berkolaborasi secara nyata.

“Kolaborasi ini memiliki tujuan yang sama yakni untuk mengembangkan sikap dan cara pandang yang moderat di antara kita. Sikap ini harus dimulai dari hulu, sehingga jika dari hulunya sudah baik nanti akan mengalir ke hilir dengan tepat,” katanya di Yogyakarta, Jumat (02/12/2022).

Menurut Duija, ke depannya kegiatan kolaborasi yang baik bisa lakukan. Ia merencanakan kolaborasi dengan Ditjen Bimas Islam, Ditjen Bimas Buddha, Ditjen Bimas Katolik, Ditjen Bimas Hindu, dan Ditjen Bimas Kristen. Pada pertengahan bulan Desember rencananya ada sarasehan lintas agama.

“Mudah-mudahan ini akan membangun cara pandang kita terhadap perbedaan yang ada. Jadi moderasi itu selain sebagai narasi juga akan menjadi praktik dalam kehidupan kita,” katanya.

Lebih lanjut, Duija mengatakan bagaimana sebuah perbedaan menjadi suatu kesatuan. Dari penampilan yang berbeda, warna yang berbeda, corak yang berbeda, tapi menampilkan satu tujuan yang artinya tidak lagi segmentif dan sudah universal.

Pesan Dirjen Duija kepada para anak muda tentang moderasi beragama adalah perlu adanya role model yang bisa dilihat. “Jika mereka tidak melihat role model, maka membangun narasi moderasi beragama akan menjadi abstrak. Jadi dengan adanya kolaborasi ini semua direktorat sudah melakukan praktek moderasi beragama,” pungkasnya.

Penyelenggaraan pagelaran Festival Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Seni Keagamaan 2022 mengusung tema Harmoni dalam Keberagaman. Kegiatan berlangsung pada 1 s.d 5 Desember 2022 di kompleks Candi Prambanan, D.I. Yogyakarta.[]

Barjah/diad


Sumber :

Penulis : Barjah

Editor : Dewindah

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP