Dukung Kinerja Lembaga, Puslitbang Penda Gelar Bimtek Penyusunan SKP

19 Jan 2023
Dukung Kinerja Lembaga, Puslitbang Penda Gelar Bimtek Penyusunan SKP
Bimtek Penyusunan SKP Tahun 2022/2023 yang digelar Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan (Penda) di Ciputat, Rabu (18/01/2023).

Ciputat (Balitbang Diklat)--- Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan (Penda) menggelar Bimtek Penyusunan SKP Tahun 2022/2023. Kegiatan bertujuan untuk mendukung kinerja lembagaan unit tersebut.

“Penyusunan laporan SKP diharapkan akan mendorong akuntabilitas lembaga untuk mendapatkan report yang baik,” ujar Kapuslitbang Penda Mohsen saat memberikan arahan pada kegiatan tersebut di Ciputat, Rabu (18/01/2023).

Menurut Kapus, SKP sebagai panduan dalam bekerja. “Awal tahun harus jelas arah maupun sasaran dari capaian kinerja, untuk itu diperlukan penyusunan SKP,” katanya.

Merujuk pada peraturan Menpan RB No. 6 Tahun 2022, terdapat update perubahan penyusunan SKP. Di dalamnya ada semacam feedback pimpinan dan dialog kinerja. “Selain itu, SKP diharapkan dapat menjamin obyektifitas prestasi kerja melalui target dan nilai kinerja,” ungkap Kapus.

Lebih lanjut, Kapus mengatakan, dalam menyusun SKP ada beberapa tahap yang harus dilalui seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. “Semua tahapan harus diikuti secara kaffah sempurna dan tidak terpoting-potong,” imbau Kapus.

Berdasarkan hal tersebut, lanjut Kapus, pegawai akan mendapat apresiasi reward jika berkinerja baik atau mendapat sanksi jika tidak mencapai target kinerja yang ditentukan pimpinan. “Pagawai akan dihargai sesuai dengan kinerjanya masing-masing. Poin dalam target kinerja berkaitan langsung dengan kinerja organisasi yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Kegiatan diikuti oleh para pegawai Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan dengan narasumber dari Biro Kepegawaian Kemenag Lilis Suryani dan analis kepegawaian Sekretariat Balitbang Diklat Rini Purwanti.

Diad/Abas

Penulis: Dewindah
Sumber: Puslitbang Penda
Editor: Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI